batampos.co.id – Program Sharing Best Practis yang digelar PT Adhya Tirta Batam (ATB), Zoom Bersama ATB (ZoomBA) telah menjadi tempat konsultasi berbagai PDAM di Indonesia. Ratusan peserta antre untuk ikut setiap kali sesi ZoomBA digelar.

ZoomBA adalah kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh ATB secara rutin sejak tahun 2020 silam. Melalui webinar ini, ATB berbagai pengalaman selama beroperasi selama 25 tahun mengelola air bersih di Pulau Batam.

Sebagai perusahaan air bersih pertama yang menerapkan Smart Water Management System, ATB diketahui berhasil mengatasi banyak kendala yang selama ini masih menjadi momok bagi perusahaan air di Indonesia.

Pengalaman yang dibagikan ini nyatanya memberikan dampak positif bagi PDAM di Indonesia. Karena, pemaparan di ZoomBA dapat menjadi bahan evaluasi yang dapat menjadi dasar bagi pembenahan sejumlah PDAM.

Zoom Bersama ATB (ZoomBA) adalah sebuah terobosan yang dilakukan oleh PT Adhya Tirta Batam (ATB) untuk membantu PDAM memperbaiki pelayanan air bersih Indonesia. Foto: ATB untuk batampos.co.id

“(Saya) merasa beruntung bisa bergabung dalam Webinar ZoomBA. Ilmu yang didapat dari ATB sangat bermanfaat untuk pembenahan di perusahaan kami. Terimakasih atas ilmu yang sudah diberikan kepada kami.,” ujar Direktur Utama PDAM Duasudara Kota Bitung, Raymond Luntungan.

ZoomBA secara rutin mengulas isu-isu seputar manajemen pengelolaan, distribusi, kontrol kehilangan air, pelayanan pelanggan dan tema strategis lainnya. Materi-materi ZoomBA dibawakan oleh para praktisi dengan pengalaman lebih dari 25 tahun.

Dengan pengalaman panjang  sebagai praktisi di bidangnya masing-masing, tim profesional ZoomBA telah memiliki kapabilitas dan kapasitas yang dapat membantu perusahaan Anda bertransformasi menjadi perusahaan yang efektif, efisien dan profesional

“Sangat bagus sebagai evaluasi di PDAM kami. Terutama materi NRW. Karena NRW kami sangat besar, mencapai 37 persen. Teruslah membuat inovasi-inovasi baru yang menjadi acuan bagi PDAM di Indonesia,” ungkap Rahmat, dari PDAM Kota Baru Kalimantan Selatan.

Inovasi dan transformasi menjadi kebutuhan setiap perusahaan untuk menhadapi tantangan bisnis kedepannya. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka tuntutan akan kinerja yang lebih baik telah menjadi sebuah konsekuensi logis yang tak dapat dihindarkan.

Saat ini, masih banyak perusahaan yang belum mampu mempersiapkan inovasi dan tranformasi yang tepat dalam proses bisnisnya. Berbagai kendala dihadapi, mulai dari keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan akses terhadap teknologi, kendala biaya hingga komitmen yang belum sepenuhnya terbentuk.

Beberapa juga menghadapi tantangan karena terbatasnya pengetahuan terhadap dasar-dasar manajemen pengelolaan yang efektif dan efisien, sehingga tak mampu membuat pengembangan yang berkelanjutan.

ZoomBA adalah sarana untuk menjawab tantangan-tangangan tersebut. Dengan berbagai produk layanan dan jasa yang disediakan, perusahaan akan mampu melakukan inovasi dan transformasi untuk mendorong efektifitas dan efisiensi, serta meningkatkan profesionalisme.(*)