Jumat, 29 Maret 2024

Pasien Covid-19 Kembali Membeludak

Berita Terkait

batampos.co.id – Pasien Covid-19 kembali membeludak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji. Jumlahnya mencapai 53 orang pada Senin (10/5). Pasien-pasien ini semuanya terkonfirmasi positif sesuai hasil pemeriksaan dari layanan Instansi Gawat Darurat (IGD) atau berdasarkan hasil swab RSUD.

”Naik lagi, sekarang 53 orang, dari IGD ataupun hasil swab,” ujar Wadir Pelayanan Medik RSUD Embung Fatimah, Sri Rupiati, Senin (10/5).

Pasien ini dirawat di Gedung Tun Sundari Terpadu dan ruang Tulip rawat RSUD. Mereka dipisahkan dari pasien umum lainnya. Sri menyebutkan, pekan sebelumnya pasien Covid-19 sempat turun ke angka 25 orang, namun saat ini kembali meningkat hingga 53 orang.

Penambahan pasien Covid-19 ini menandakan penyebaran Covid-19 di Batam belum melandai. Artinya masih naik turun. Perlu kesadaran semua pihak untuk kembali tertib dan taat dengan aturan protokol kesehatan.

Sementara itu, terkait pemeriksaan sampel swab lewat uji PCR (polymerase chain reaction), RSUD Embung Fatimah dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam tetap buka layanan pada Hari Raya Idulfitri nanti.

RSUD tetap prioritaskan dengan layanan medis pasien Covid-19 dan pasien IGD, sementara BTKLPP tetap dengan prioritas layanan pemeriksaan sampel Covid-19.

Menurut Sri, ada tim medis khusus yang tetap melayani pasien saat Idulfitri. Tim ini adalah petugas medis nonmuslim yang sudah ditentukan jauh hari sebelumnya. ”Tetap buka layanan baik untuk pasien Covid-19 ataupun IGD. Kawan-kawan (medis) nonmuslim yang handle. Kita sudah atur jadwalnya dengan baik,” ujarnya.

Untuk layanan umum selain Covid-19, layanan medis saat Idulfitri nanti dipusatkan di IGD. Layanan poli rawat jalan misalkan nanti ada dokter atau tim medis yang bersiaga di IGD.

”Tetap dibuka semua cuma terpusat di IGD. Nanti kalau ada pasien rawat jalan mau kontrol rutin silakan datang tapi di IGD,” kata Sri.(*/jpg)

Update