Jumat, 19 April 2024

Tenaga Honorer Batam Belum Terima THR

Berita Terkait

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meminta tenaga honorer Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk bersabar. Pasalnya, pembayaran tunjangan hari raya (THR) mengalami penundaan dari rencana yang seharusnya.

”Masih belum, ada yang harus disiapkan. Mudah-mudahan dalam waktu dua hari ini selesai, sehingga bisa segera dibayarkan,” kata Rudi, usai meninjau pengerjaan jalan di Southlink, Sekupang, Minggu (9/5).

Mengenai kendala yang menjadi penyebab belum dibayarkannya THR tenaga honorer ini, Rudi menjelaskan, masih ada laporan yang disiapkan sebelum pembayaran THR dilakukan.

”Harus ke BPKP (Badan Pengawas Kruangan dan Pembangunan), karena saya tak mau ada kekeliruan,” sebutnya.

Sebelumnya, pembahasan pencairan THR tenaga honorer juga sudah disampaikan saat rapat refocusing anggaran, beberapa hari lalu. Pemko Batam berkomitmen agar pencairan THR ini bisa segera dilaksanakan.

”Ini juga menjadi fokus anggaran. Karena daerah lain juga sudah melakukan hal yang sama. Kami berkomitmen agar hal ini tetap menjadi salah satu prioritas,” ucapnya.

Ia berharap, hak tenaga honorer ini bisa segera terbayarkan. Untuk itu, ia meminta dinas terkait untuk menyelesaikan persiapan berkas agar segera dibayarkan.

”Kalau saya harap secepatnya. Mudah-mudahan lah ya dalam waktu dekat ini bisa segera terealisasikan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan, mengatakan, untuk data tenaga honorer guru sudah ada di bagian Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Terkait pembayaran THR tenaga honorer itu tergantung dari BPKAD.

”Kami tidak mengusulkan lagi, karena datanya sudah ada di sana. Soal waktu pembayaran THR saya tidak tahu, karena domainnya BPKAD,” kata dia.

Sebelumnya, Pemko Batam menyiapkan Rp 19 miliar untuk pembayaran THR honorer di tahun 2020 lalu. Jumlah yang diterima menyesuaikan dengan gaji yang diterima tenaga honorer setiap bulannya. Pembayaran THR ini merupakan komitmen Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad untuk menyejahterakan tenaga honorer. (*/jpg)

Update