Jumat, 29 Maret 2024

BP Batam Bongkar Gudang di Pelabuhan Batu Ampar, Alasannya…

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam membongkar seluruh gudang yang ada di sekitar area Pelabuhan Batu Ampar untuk memaksimal fungsi pelabuhan tersebut.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pembongkaran gudang tersebut sesuai dengan instruksi dari Presiden, Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin serta Men Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Segaja kita turun untuk mengecek persiapan pelabuhan sendiri, sesuai perintah pak Presiden, pak Wakil Presiden dan Pak Menko Perekonomian, bahwa pelabuhan harus bersih,” ujarnya, Senin (17/5/2021).

Ia menjelaskan, bersih yang dimaksud yakni tidak ada lagi gudang-gudang yang berdiri di area pelabuhan Batu Ampar.

“Alhamdulillah pagi ini sama-sama sudah kita lihat ada gedung yang merupakan gudang sudah dibongkar dan janjinya tanggal 25 Mei ini paling lambat sudah bersih semua. Artinya tidak ada gudang lagi di pelabuhan Batu Ampar,” ujarnya.

Aktivitas di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

Kepala BP Batam mengatakan, dengan adanya pengembangan dan penataan, nantinya Pelabuhan Batu Ampar dapat difungsikan secara maksimal.

“Proyek pengembangan pelabuhan kita nantinya akan menuju ke arah yang lebih baik, seperti pelabuhan-pelabuhan lainnya,” katanya.

Sehingga nantinya dapat bersaing dengan pelabuhan di dalam negeri yakni Tanjung Priok yang lebih modern.

“Pembangunan akan kit alakukan step by step, karena uang kita terbatas. Sehingga ke depan pelabuhan kita bisa berdaya saing dengan nasional dan negara tetangga kita,” katanya.

Dalam waktu dekat, pelabuhan Batu Ampar lanjutnya akan ada pembahuran beberapa unit Cotaniner Yard (CY).

Kemudian pihaknya juga akan memperluas area parkir kontainer. Selain itu seluruh area pelabuhan Batu Ampar juga akan dipagar.

“Pemagaran kita lakukan untuk mengamankan area ini sendiri. Sehingga ke depan tidka boleh lagi orang yang tidak berkepentingan masuk ke pelabuhan ini,” jelasnya.

Pemagaran lanjutnya sebagai tanggungjawab dari BP Batam untuk mengamankan barnag-barang yang berada di area pelabuhan Batu Ampar.

Pihaknya juga sedang mempersiapkan sistem keluar masuk kontainer. Sehingga dapat mengefisiensi waktu bongkar muat di pelabuhan Batu Ampar.

“Kemarin pak Luhut (Menteri Marves,red) sudah hadir meresmikan Batam Logistic Ecosystem (BLE) yang sudah berjalan, namun sekarang belum sempurna dan ke depan akan kita sempurnakan,” tuturnya.(esa)

Update