Jumat, 29 Maret 2024

Malaysia Darurat Covid-19, Ruang ICU Kritis

Berita Terkait

batampos.co.id – Malaysia nyaris kehabisan tempat tidur di ruang ICU rumah sakit pemerintah di Malaysia untuk merawat pasien Covid-19. Sebab jumlah kasus berat naik drastis.

“Karena jumlah orang yang jatuh sakit parah meningkat,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah seperti dilansir dari Straits Times, Minggu (16/5).

Noor Hisham mengatakan, tingkat hunian ICU di rumah sakit di ibu kota Kuala Lumpur, dan di Selangor, Penang, Sarawak, Kedah dan Perak sudah lebih dari 80 persen. Beberapa rumah sakit bahkan telah menggunakan semua tempat tidur ICU yang ditujukan untuk merawat pasien Covid-19.

Saat ini, kata Noor Hisham, ada total 1.388 tempat tidur ICU di 78 rumah sakit pemerintah dan pendidikan nasional. Sebanyak 850 diantaranya atau sekitar 61 persen telah disisihkan untuk merawat pasien Covid-19.

“Ini total yang tersedia untuk kasus Covid-19 dan non-Covid-19. Dari jumlah ini, kami telah mengalokasikan 850 tempat tidur ICU untuk pasien Covid-19,” jelasnya.

“Namun, jumlah total tempat tidur ICU untuk pasien Covid-19 bertambah dari waktu ke waktu bila ada kebutuhan,” ujarnya melalui unggahan di Facebook, Sabtu.

Dia mengatakan, meski rumah sakit dapat mengubah bangsal normal menjadi ICU lengkap dengan peralatan yang diperlukan, akan sulit untuk terus mengimbangi jika kasus kritis Covid-19 terus meningkat. Dia menjelaskan bahwa rumah sakit mengalokasikan sejumlah tempat tidur di ICU mereka untuk pasien Covid-19 dan pasien sakit kritis lainnya.

Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada jumlah kasus yang membutuhkan perawatan. “Ketika ada penurunan kasus Covid-19 kritis, departemen kesehatan negara bagian juga dapat mengurangi jumlah tempat tidur ICU untuk merawat pasien Covid-19,” jelasnya.

Dia mengatakan, rumah sakit siap untuk mengubah daerah lain menjadi unit ICU sebagai bagian dari strategi kesiapsiagaan mereka untuk mengatasi lonjakan kasus. Pemerintah Malaysia pada 7 Mei melaporkan peningkatan 44 persen dalam penerimaan kasus kritis ke ICU secara nasional dari dua minggu sebelumnya.

Saat itu, tingkat pemanfaatan tempat tidur ICU di 22 rumah sakit Covid-19 dikatakan sudah melebihi 70 persen, bahkan ada yang mencapai lebih dari 90 persen. Hingga hari ini, Kementerian Kesehatan melaporkan 3.780 kasus Covid-19 baru, sehingga total kumulatif menjadi 470.110.

Selangor mencatat jumlah kasus tertinggi yaitu 1.275 kasus, diikuti oleh Sarawak (405), Kedah (363) dan Kelantan (357). Diikuti oleh Kuala Lumpur (342), Johor (224), Penang (187), Pahang (159), Melaka (122), Perak (115), Sabah (87), Terengganu (58), masing-masing tujuh untuk Labuan dan Putrajaya dan Perlis (2).(jpg)

Update