batampos.co.id – Direncanakan, Selasa (18/5) feri tujuan Batam maupun Provinsi Riau kembali beroperasi. Beberapa rute mensyaratkan penumpang jalani rapid test atau genose.

”Ini sesuai aturan dari pusat. Memang, cukup terasa juga dua pekan tidak jalan tujuan Batam maupun Riau Daratan. Tapi, ini demi kita semua untuk menekan angka penambahan positif Covid-19,” jelas Ketua INSA Karimun, Bustami Datuk Rajo Marah, Minggu (16/5).

Sebelumnya, tiga kapal yang tidak beroperasi tujuan Riau yaitu Dumai Express Grup, Batam Jet dan speedboat yang biasa melayani penumpang tujuan Tanjungsamak, Selatpanjang, Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru atau Buton. Kemudian, Mikonatalia tujuan Sekupang dan ferry Oceanna tujuan Harbourbay Batam.

”Tujuan Pinang tetap jalan, walaupuan calon penumpang harus memenuhi persyaratan. Salah satunya, wajib menggunakan rapid test atau genose-19,’’ ungkapnya.

Dengan demikian, lanjut Bustami lagi mulai Selasa (18/5) calon penumpang sudah bisa menggunakan surat keterangan kesehatan dan aplikasi eHAC untuk tujuan Batam, Pinang. Sedangkan, untuk tujuan Riau pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun.

”Riau informasinya wajib rapid test. Tapi, kita tunggu nantinya gimana teknisnya,” ucapnya.

Sementara itu pantauan di lapangan, situasi pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun terlihat sepi dari penumpang yang datang maupun akan berangkat. ”Terpaksa putar dululah, ke Kundur baru ke Batam bang. Biaya secara otomatis bertambah,” kata Hendro warga Karimun.(*/jpg)