batampos.co.id – Pemerintah tengah menjalankan program vaknisasi Covid-19. Namun, tidak bisa dipungkiri masih ada kelompok masyarakat yang menolak vaksinasi dengan berbagai alasan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta semua pihak menyukseskan program vaksinasi nasional. Pemerintah akan terus melakukan edukasi agar tidak terjadi penolakan.

“Hal terpenting, program vaksinasi termasuk juga komunikasi publik dapat berjalan terstruktur sesuai tahapannya. Hindari membuat asumsi atau pernyataan yang bersifat kontraproduktif dengan tujuan program vaksinasi,” kata Wiku.

Wiku menyampaikan, semua instansi di tingkat pemerintah pusat hingga daerah perlu menindaklanjuti program vaksinasi sesuai kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan begitu, program prioritas ini bisa berjalan dengan baik.

Wiku mengatakan, hal itu merupakan langkah penting yang dicapai Pemerintah dalam memberikan perlindungan untuk warga negara. Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat dunia, maka pemberian vaksin secara gratis kepada seluruh penduduk akan berkontribusi besar dalam menciptakan kekebalan komunitas secara global.

Pemerintah juga menghimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seluruh warga, termasuk yang sudah disuntik vaksin.(jpg)