batampos.co.id – Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Rodhial Huda, menegaskan komitmennya untuk mengadakan rumah singgah dan ambulans bagi warga Natuna di Kota Batam.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Wan Siswandi, saat temu ramah dengan puluhan pengurus Perkumpulan Keluarga Besar Natuna (PKBN) Kota Batam, Selasa malam (25/5/2021).

“Perlu saya dan Pak Rodhial tegaskan di sini, di depan para pengurus PKBN Natuna Kota Batam bahwa kami, sesuai janji saat kampanye kemarin, akan merealisasikan dua hal itu. Tolong ini dicatat oleh BAKD dan Kepala Bappeda,” ucap Wan Siswandi.

Kata Bupati, jika tidak di APBD Perubahan, maka pengadaannya akan dianggarkan pada APBD murni tahun 2022 yang akan datang. Alasannya, APBD 2021 sudah disahkan pemerintahan sebelumnya.

Tujuan pengadaan rumah singgah dan ambulans tersebut adalah untuk warga Natuna di Kota Batam maupun warga Natuna dari Natuna yang dirujuk berobatnya di Batam.

Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Rodhial Huda, menegaskan komitmennya untuk mengadakan rumah singgah dan ambulans bagi warga Natuna di Kota Batam. Foto: M Burhan untuk batampos.co.id

“Jadi, kalau sudah ada rumah singgah dan ambulans, tak perlu lagi warga kita menunggu berlama-lama untuk sampai ke rumah sakit. Demikian juga untuk menghemat ongkos sebelum dirawat, bisa nginap dulu di rumah singgah,” ucap mantan Sekda dan Kadishub itu.

Bupati juga menjelaskan serba sedikit rencananya dalam 3,5 tahun ke depan, yakni menitikberatkan untuk membangun infrastruktur jalan dan memperindah ibukota kabupaten. Batam, katanya, akan menjadi role model pembangunan jalan dan taman. Selain itu juga pemerataan hingga ke kecamatan.

Dalam pada itu, Wabup Rodhial Huda mengatakan, dia diberi tugas khusus oleh Bupati untuk mengupayakan sektor maritim dan sumber-sumber daya daerah yang dapat bernilai ekonomi. Ini agar tercipta lapangan kerja untuk masyarakat Natuna.

“Kami mohon dukungan semua warga Natuna di manapun berada. Termasuk yang ada di Batam, karena teman-teman tinggal di kota besar, bantu kami untuk mengubah mindset masyarakat kita yang ada di kabupaten agar lebih baik,” ucap Rodhial.

pengurus Perkumpulan Keluarga Besar Natuna (PKBN) Kota Batam. Foto: M Burhan untuk batampos.co.id

Ketua PKBN yang baru terpilih, Abdul Karim dalam kesempatan itu memperkenalkan seluruh jajaran pengurus dan memohon kesediaan Bupati atau Wakil Bupati untuk melantik kepengurusan yang baru. Dia melaporkan, data sementara, warga Natuna yang dewasa di Batam tercatat 950 orang. Diyakini jumlahnya jauh di atas itu jika semua sudah masuk ke dalam database.

Nampak hadir dalam silaturahim tersebut, antara lain Pengawas PKBN Kamaruddin Saban dan Candra Ibrahim, Ketua PKBN Abdul Karim, Wakil Abdillah, Sekretaris I Muhammad Burhan, dan masing-masing koordinator kecamatan PKBN se-Kota Batam. Struktur lengkap hasil Mubes III malam itu langsung diserahkan ke Bupati.

Sementara itu, dalam rombongan Bupati dan Wabup, nampak hadir istri Bupati Septi Dwiani, istri Wakil Bupati dan keluarga, beberapa kepala OPD, kaban, kabid, eselon III, Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Aris, dan beberapa kolega bupati. *

Pengurus PKBN Batam 2021-2026.

Pengawas/Penasehat:

1. Drs. H. Zulhendri.Msi
2. Anasrun. SE
3. Said Khaidar
4. H Mardi Markan
5. Kamaruddin Saban
6. Kurniawan Chang
7. Candra Ibrahim SE

Pengurus Harian:

Ketua: Abdul Karim
Wakil: Abdillah
Sekretaris I: M Burhan
Sekretaris II: Said Sabrizal
Bendahara: Rocky A.(*)