Sabtu, 20 April 2024

Waspada, Angin dan Gelombang Laut Berubah Setiap Hari

Berita Terkait

batampos.co.id – Kasat Polair Polresta Barelang, AKP Syaiful Badawi, mengimbau masyarakat atau nelayan menunda aktivitas melaut.

Sebab, saat ini angin kencang dan gelombang laut tinggi sehingga dinilai dapat membahayakan nyawa.

”Perhatikan cuaca. Sekarang keadaan ombak dan cuaca di lautan setiap hari berubah. Pantau cuaca demi keselamatan dalam berlayar, kalau keadaan tidak mungkin, tunda saja,” saran Badawi, Minggu (1/6/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Badawi menjelaskan, dalam kondisi ini, pihaknya sudah melakukan imbauan langsung ke masyarakat pesisir dan di sejumlah pelabuhan.

Ilustrasi. Gelombang laut. Foto: INT

Ia meminta untuk selalu menggunakan pelampung atau life jacket. Sedangkan khusus kapal, kata Badawi, ia meminta nakhoda terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

”Selalu waspada. Apabila ada kejadian atau menemukan yang mencurigakan, dapat menghubungi call center 110,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Kepala Basarnas Tanjungpinang, Mu’min Maulana. Ia mengimbau masyarakat waspada terhadap cuaca perairan yang tidak menentu seperti yang dirilis oleh Badan Meteorologi dan Geofisika Provinsi Kepri.

”Imbauan ini dikhususkan untuk masyarakat yang memanfaatkan angkutan penyeberangan dan yang melakukan usaha di lautan. Ini peran semua pihak untuk ikut andil, karena keselamatan itu tanggung jawab semua warga negara,” tutupnya.(jpg)

Update