Kamis, 25 April 2024

5 Tips Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis

Berita Terkait

batampos.co.id – Tips menggunakan sosial media untuk bisnis sudah seharusnya dipahami oleh setiap pedagang online demi kemajuan usahanya.

Tidak bisa dipungkiri, pemasaran lewat sosial media sudah terbukti sangat efektif dan ampuh untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan calon konsumen.

Terbukti dengan banyaknya perusahaan besar yang mulai berbondong-bondong promosi di Twitter, Instagram, FB dan sejenisnya.

Menurut ulasan dari Sosial Internet, para pemula yang ingin campaign di sosial media mereka sukses maka harus mengetahui beberapa hal mendasar terlebih dahulu. Tenang, karena hal dasar tentunya mudah dipahami oleh semua orang bahkan pemula.

Daripada kebanyakan basa-basi, yuk simak tips menggunakan sosial media untuk bisnis selengkapnya berikut ini.

Tips Menggunakan Sosial Media Untuk Bisnis

1. Membangun Kepercayaan

Di era sosial media saat ini, jumlah akun yang jualan produk serupa sudah tidak terhitung jumlahnya. Kasus penipuan yang marak terjadi, membuat calon konsumen banyak yang berpikir dua kali ketika ingin order. Mereka khawatir ditipu lagi oleh akun jualan abal-abal.

Nah, bermula dari permasalahan tersebut penting bagi Anda untuk membangun kepercayaan. Kepercayaan menjadi modal utama dan pondasi bagi bisnis Anda kedepannya. Kunci utamanya adalah rajin mengupload foto bukti transaksi atau testimoni konsumen.

Selain itu, Anda bisa membangun kepercayaan dengan mem-follow akun orang lain dan rutin upload konten. Bukan sembarang konten, melainkan konten yang senantiasa menampilkan brand Anda.

Semisal upload gambar promosi dengan mencantumkan logo brand. Secara berangsur-angsur, logo brand yang dilihat oleh orang lain mulai dikenal dan mendapat kepercayaan.

2. Menarik Calon Pelanggan Potensial

Lagi-lagi konten memegang penting untuk eksistensi bisnis Anda di media sosial. Ingat, Anda sedang terhubung dengan orang lain dan bukan sekedar mesin penghasil uang. Maka dari itu, sebaiknya tidak hanya mempromosikan jualan saja namun juga berbagi informasi.

Informasi yang sekiranya bisa menarik perhatian pembaca itu ada banyak jenisnya, mulai dari konten lucu, motivasi, sampai kisah hidup pengalaman pribadi.

3. Mencari Relasi

Ada satu tips menggunakan sosial media untuk bisnis yang sering dilupakan, yaitu mencari relasi.

Mereka terlalu banyak promo dan upload konten, namun lupa untuk berinteraksi. Interaksi yang dimaksud disini bisa dengan memberikan like dan berkomentar.

Interaksi di media sosial sama halnya menemukan relasi di dunia nyata. Semakin Anda aktif berinteraksi, maka bertambah pula kenalan. Ketika sudah saling follow dan rutin berkomentar, kepercayaan itu akan muncul sendirinya.

Bahkan tidak sedikit orang-rang yang merekomendasikan suatu akun jualan ke temannya. Semua itu mudah terjadi ketika Anda memiliki relasi yang baik. Intinya, selain upload konten maka imbangi juga dengan interaksi.

4. Rutin Uplaod Konten

Sudah ditekankan di poin sebelumnya, konten itu membawa pengaruh yang besar. Mulai sekarang buatlah jadwal kapan sekiranya Anda harus upload konten. Tentukan pukul berapa harus upload konten dan usahan konsisten.

Semisal jadwal upload konten pukul 7 pagi, 12 siang dan 6 petang. Silahkan atur sendiri sesuai jam kerja masing-masing. Semakin sering upload konten bermanfaat, semakin besar pula kepercayaan dari followers Anda.

5. Berpartisipasi ke Komunitas

Di Facebook ada group dan Fanspage, sedangkan twitter dan IG ada hashtag. Manfaatkan itu untuk terhubung dengan target konsumen. Sebagai contoh, Anda jualan sabun herbal untuk mencerahkan kulit.

Di Facebook Anda bisa bergabung ke group yang mayoritas anak muda. Semisal pecinta K-Pop, status galau remaja dan sebagainya. Aktiflah berkomentar atau upload konten disana, namun jangan spam dagangan.

Sementara itu, di Twitter dan IG Anda bisa rutin upload konten dengan hashtag. Seperti #sabunmukaremaja, #sabunpencerahwajah, #fanscjr, #fansiqbal dan lain-lain. Pastikan konten sesuai dengan hashtag dan tidak spam.

Itu tadi adalah lima tips menggunakan sosial media untuk bisnis yang penting Anda ketahui. Semoga sedikit pembahasan diatas bisa bermanfaat.(*)

Update