batampos.co.id – Jajaran aparat Polresta Barelang bersama unsur TNI dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Batam menggelar operasi cipta kondisi di seluruh arena permainan dan tempat hiburan malam (THM), Kamis (4/6/2021) malam.

Dalam kegiatan ini, petugas menutup seluruh lokasi dan akan berlaku hingga sepekan ke depan. Kapolresta Barelang, Kombes Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, mengatakan, penutupan ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

”Penutupan ini dilakukan dalam seminggu ke depan. Jadi, tidak ada yang boleh buka, jika ditemukan akan diberi sanksi tegas,” ujar Yos, seperti yang diberitakan Harian Batam Pos, edisi Sabtu (5/6/2021).


Selain arena permainan dan THM, petugas juga menertibkan lokasi kuliner yang beroperasi di atas pukul 21.00 WIB. Dalam kegiatan ini, petugas juga mengimbau pedagang ataupun restoran untuk tidak menyediakan meja atau kursi.

”Hanya diperbolehkan take away atau bungkus makanan dan drive thru (layanan tanpa turun),” katanya.

Tim ter[adu saat melakukan patroli ke beberapa THM yang ada di Kota Batam. Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

Sementara THM yang ditutup yakni:

1. Biliard Centre Pub & Ktv
2. Dragon Pub & Ktv
3. Vibes Penuin Pub & Ktv
4. Thrive Biliard & Ktv
5. J&J Club & Ktv
6. M2 Pub & Ktv
7. The Links Pub & Ktv
8. D’Kress Pub & Ktv
9. Exotice Pub & Ktv
10. Morena Pub & Ktv
11. HH Club P3 Ktv
12. Newton P2 Ktv
13. Square Pub & Ktv
14. Roastre Pub & Ktv
15. Utama Pub & Ktv
16. The Links Bar & Resto
17. Havana Pub
18. THM Kampung Bule
19. Dinasty Pub & Ktv
20. K-2 Pub & Ktv
21. Planet Holiday Pub & Ktv
22. Pacific Pub & Ktv
23. Galaxy Pub & Ktv
24. M-one Pub & Ktv
25. Next Bar
26. Bluefire Bar & Resto
27. Nomad Bar & Resto
28. Port House Bar & Resto.

”Kepada masyarakat juga terus kami ingatkan untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Mari sama-sama memutuskan penyebaran virus ini,” tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, bersama Kapolresta Barelang, Kombes Yos Guntur dan Dandim 0316/Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, memimpin apel penegakan protokol kesehatan (protkes) pencegahan Covid-19, Kamis (3/6/2021) malam.

Amsakar mengatakan, kegiatan kali ini menargetkan THM dan pusat keramaian lainnya. Dengan merujuk pada aturan yang berlaku, Amsakar mengimbau petugas tidak ragu menindak jika ditemui pelanggaran.

”Sampai seminggu ke depan, tempat hiburan kami minta tutup. Kalau ditemukan pelanggaran, ambil langkah sebagaimana mestinya,” ucap Amsakar dalam arahannya.

Untuk pusat keramaian, jika ada yang masih berkerumun, petugas dapat membubarkannya. Berbagai upaya ini, kata dia, tidak lain merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19 di Batam.

”Namun, dalam menjalankan tugas, gunakan semangat yang persuasif, pendekatan yang humanis tapi tegas,” harap dia.

Tidak lupa, ia menyemangati para petugas, sembari mendoakannya agar diberi kemudahan dan kesehatan.

”Semoga apa yang kita perbuat ini mendapat balasan yang baik juga dari Allah SWT,” katanya.

Senada dengan Amsakar, Kombes Yos Guntur juga turut menyemangati para petugas. Menurut dia, seyogianya para petugas merasa bangga telah mendapat amanah tersebut.

”Kita bersyukur masih diberi kesehatan, di sisi lain banyak saudara kita yang terpapar Covid-19 ini. Dengan kemampuan yang kita miliki, ambil peran ingatkan saudara yang belum sadar untuk melaksanakan protkes,” ujar dia.

Sedangkan Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan menambahkan, andil petugas mengingatkan sesama merupakan tugas yang sangat mulia.

”Mari laksanakan dengan ikhlas. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada kalian semua (petugas) yang selalu turun ke lapangan. Tetap jaga kesehatan dan terapkan protkes juga dalam bertugas,” harap dia.(jpg)