Jumat, 29 Maret 2024

Catat, Tak Patuhi Protkes akan Didata dan Difoto

Berita Terkait

batampos.co.id – Tim gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Ditpam BP Batam dan Satpol PP Kota Batam gencar menegakkan penerapan protkes.

Seperti, saat menggelar pengawasan di kawasan Sentosa Perdana (SP) Plaza Mall Sagulung, Rabu (9/6/2021), tim gabungan ini langsung menindak pengunjung yang kedapatan tidak mengenakan masker.

Pengunjung yang mengabaikan protkes didata satu per satu dan dikenakanrom pi warna oranye yang bertuliskan ”Saya Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19”, kemudian difoto satu per satu.

”Ini peringatan pertama. Besok atau lusa kalau kedapatan lagi dengan foto dan nama yang serupa, tentu ada tindakan yang lebih tegas lagi sesuai dengan Perwako yang ada,” ujar Kepala Satpol PP Kota Batam, Salim, di SP Plaza, seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Selain kepada pengunjung, tim gabungan juga secara teliti keluar masuk ke pusat perbelanjaan, rumah makan ataupun kafe yang ada di kawasan SP Plaza.

Jika ada keramaian yang ditemukan, maka pengelola ataupun pemilik tempat usaha akan diberi peringatan pertama.

”Kalau untuk mal, tempat makan atau kafe sudah jelas aturan dalam perwako bahwasannya protokol kesehatan harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai ada keramaian yang mengabaikan jarak fisik pengunjung,” terangnya.

Hal ini, sambung dia, juga terus diawasi dan pengelola kawasan maupun pemilik rumah makan, dinilai cukup taat.

”Jarak duduk pengunjung diperhatikan dan ada perlengkapan protokol kesehatan yang disediakan,” kata Salim.

Salim mengakui sudah banyak tempat usaha yang ditutup paksa karena melanggar aturan protkes. Untuk itu, dia berharap agar ke depannya semua pihak sadar dan taat dengan anjuran protkes demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Jhoni, salah satu pengunjung yang terjaring razia mengaku menyesal telah mengabaikan anjuran protokol tersebut. Dia tidak mengenakan masker saat keluar rumah karena tergesa-gesa.

”Mau main futsal tadi (di lapangan futsal SP Plaza), lupa bawa masker. Menyesal telah mengabaikannya karena ini memang untuk kesehatan saya sendiri,” ujarnya.(jpg)

Update