Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada para pekerja di Kota Batam, Sabtu (12/6/2021) di Plaza Batamindo, Kota Batam. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

batampos.co.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada ribuan pekeja di di Plaza Batamindo, Muka Kuning, Kota Batam, Sabtu (12/6/2021).

Pada peninjauan tersebut, Menko Perekonomian sempat berbincang dengan salah seorang pekerja dan menanyakan kondisi setelah divaksin.

Selain di Kawasan Industri Batamindo, Menko Perekonomian juga meninjau pelaksaan vaksinasi di Kawasan Industri Panbil dan PT Sat Nusa Persada.


“Kami ke sini selain memberikan PP 67 dan 68 (terkait KEK MRO BAT dan Nongsa Digital Park,red), juga melakukan peninjauan vaksinasi bagi pekerja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan dari Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad, vaksinasi ditargetkan dilakukan kepada 20 ribu orang per hari. Terutama kepada para pekerja di Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam, Rudi Syakyakirti, mengatakan, vaksinasi kepada ribuan pekerja di Kota Batam dilaksanakan di beberapa lokasi.

“Di sini (Kawasan Industri Batamindo,red) hari ini berasal dari tiga perusahaan yaitu PT Simatelex, Infineon dan Scanjet,” jelasnya. Menurutnya di kawasan Batamindo ada 2.564 pekerja yang divaksinasi.

Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad, berharap vaksinasi kepada para pekerja di Kota Batam dapat dilakukan setiap hari.
Sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di kalanga pekerja.

“Industri banyak di Batam, kalau bisa vaksinasi ini bisa dilakukan secara simultan dan pada Juli vaksinasi ditarget mencapai 70 persen,” tuturnya.(esa)