batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam masih membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat SD negeri (SDN) hingga, Selasa (15/6) ini. Berdasarkan data terakhir, total pendaftar sudah mencapai 9.804 calon peserta didik.

Meski begitu, Disdik Batam tidak akan menambah jadwal waktu pendaftaran. Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, mengatakan, untuk tingkat SD, jumlah total anak berusia 6 hingga 7 tahun sebanyak 22.375 orang.

Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam.


”Angka total tersebut masih di bawah daya tampung SDN dan swasta yang mencapai 26 ribu kursi. Jadi kalau pendaftaran berimbang, maka semua siswa bisa ditampung,” katanya, Senin (14/6/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ia menyebutkan, untuk kuota pendaftaran yang tersedia untuk jenjang SD negeri, mayoritas merupakan kategori zonasi.

Mereka yang berdomisili dekat dengan lokasi sekolah, akan diprioritaskan diterima. Selain itu, calon peserta yang berusia 7 tahun, juga dipastikan diterima di SD negeri.

Tahun ini, rencana daya tampung (RDT) sebanyak 11.420 kursi, jumlah rombongan belajar 317. Untuk jalur zonasi menyediakan kuota 5.710 kursi, jalur afirmasi 1.732 kursi, jalur perpindahan orangtua 534 kursi.

Berdasarkan total pendaftar yang masih di angka sembilan ribu orang, Hendri mengatakan, jumlah daya tampung masih tersedia untuk saat ini.

Namun, kendalanya pada pendaftaran ini yang dikhawatirkan tidak merata, sehingga daya tampung satu sekolah melebihi yang tersedia.

”Kalau sudah seperti ini, tentu harus dilakukan pemerataan ke sekolah yang masih lowong. Pemerataan ini bertujuan untuk mendistribusikan siswa yang tidak tertampung di satu sekolah,” bebernya.

Sebelumnya, sekolah swasta juga sudah melakukan penerimaan siswa lebih awal. Hal ini cukup membantu sekolah negeri untuk mengatasi ketersediaan kursi.

Kolaborasi SD swasta dan negeri, bisa mengatasi krisis daya tampung yang selalu dikelu-
hkan di sekolah negeri.

”Semua bermitra, dan memiliki mutu yang sama, bahkan tidak sedikit sekolah swasta yang lebih unggul. Jadi kalau sebagian sudah diterima di swasta, artinya tidak ada kendala soal PPDB SD ini,” tambahnya.

Hendri mengungkapkan, tidak akan ada penambahan waktu pendaftaran. Sesuai
rencana pendaftaran akan ditutup hari ini.

Seleksi akan dilanjutkan di hari berikutnya. Pengumuman siswa akan diinformasikan melalui pesan singkat ke orangtua atau nomor lainnya yang sudah diberikan saat mendaftarkan peserta didik.

”Tanggal 16 Juni kami langsung lanjut ke PPDB tingkat SMPN,” ucapnya.(jpg)