batampos.co.id – Warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19 dan tak bergejala kini tidak akan diminta untuk melakukan swab test PCR. Namun sebaliknya, kontak erat pasien Covid-19 dan bergejala diusulkan untuk melakukan swab test PCR ke rumah sakit.

Kepala Puskesmas Tiban Baru, drg Anna Hashina, mengatakan, bagi keluarga atau kontak erat pasien Covid-19 yang bergejala, akan diusulkan melakukan swab ke rumah sakit oleh puskesmas. Kontak erat bergejala ini merupakan hasil tracing atau laporan dari petugas di lapangan.

”Terus pasien yang positif Covid-19, kalau di wilayah kerja kami ada yang kontak bergejala, kami yang usulkan swab ke rumah sakit,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Anna, Puskesmas Tiban Baru belum bisa melayani swab PCR kepada keluarga pasien Covid-19. Pihak puskesmas hanya bisa mendata atau menerima laporan hasil tracing dari petugas, kemudian dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Batam.

”Tes PCR di rumah sakit, bukan di puskesmas. Pengajuan swab PCR memang dari puskesmas ke Dinkes,” pungkas Anna.

Hal senada disampaikan pihak Puskesmas Batuaji. Fasilitas kesehatan ini belum bisa melayani swab PCR kepada warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19. Pihak puskesmas hanya bisa mendata atau menerima laporan hasil tracing dari petugas, kemudian melaporkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam untuk menentukan ke mana keluarga pasien tersebut di-swab.

”Pengajuan swab PCR memang dari puskesmas ke Dinkes. Dinkes yang akan mengkoordinir distribusi pasien di beberapa rumah sakit yang akan dilakukan swab. Sejauh ini, puskesmas belum bisa melakukan swab sendiri,” ujar Kepala Puskesmas Batuaji, Arlan, kemarin.

Menurut Arlan, sudah banyak keluarga pasien yang direkomendasikan ke Dinkes untuk di-swab dan ini merupakan hasil tracing atau laporan dari petugas di lapangan.

Dia juga memastikan pihaknya akan terus bekerja maksimal demi menuntaskan masalah tracing kepada keluarga pasien.

”Petugas tetap bekerja di lapangan sesuai arahan Dinkes. Apapun arahan pemerintah, akan kita laksanakan dengan maksimal,” ujarnya.(*/jpg)