batampos.co.id – Sudah divaksinasi Covid-19 bukan berarti seseorang bisa mengabaikan protokol kesehatan. Sebab walau sudah divaksinasi pun seseorang bisa terinfeksi Covid-19.

Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat jangan sampai jenuh dan bosan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat harys tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

“Hal ini juga berlaku bagi yang telah divaksinasi,” tegas Nadia dalam keterangan resmi Kemenkes, Selasa (15/6).


Nadia menambahkan kita tidak ingin lonjakan kasus yang terjadi di sejumlah provinsi dan mengakibatkan angka keterisian rumah sakit melonjak drastis terjadi di daerah tempat kita tinggal. Ia menegaskan masyarakat harus memikirkan bukan hanya kesehatan diri sendiri, namun juga anggota keluarga kita yang lain dan juga tenaga kesehatan yang bekerja sangat keras dalam menangani pasien.

Menurutnta bahwa lonjakan kasus yang terjadi saat ini adalah akibat pergerakan masyarakat yang terus meningkat sejak awal Ramadan hingga puncaknya setelah Idul Fitri. Diperkirakan jumlah orang yang berpindah dari satu kota ke kota lainnya selama arus mudik ataupun arus balik mencapai 5 hingga 6 juta orang.

“Kondisi ini yang menjadi penyebab lonjakan kasus ditambah kendornya protokol kesehatan di masyarakat sehingga laju penularan virus di masyarakat penyebab semakin meningkat,” kata dr. Nadia.(jpg)