batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam resmi menutup pendaftaran peserta didik baru (PPDB) jenjang SDN 15 Juni lalu. Berdasarkan data terakhir, total pendaftar di mainland berjumlah 10.919 calon siswa.

Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, mengatakan, secara keseluruhan total pendaftar masih berada di bawah daya tampung yang disediakan tahun ini. Rencana daya tampung (RDT) tahun ini sebanyak 11.948 kuota.

”Alhamdulillah, proses berjalan lancar. Secara keseluruhan, daya tampung lebih besar dari pendaftar,” sebutnya, Rabu (16/6).


Kendati demikian, beberapa SD memiliki pendaftar lebih banyak dan melebihi daya tampung yang disediakan sekolah. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pemerataan, agar siswa tetap bisa bersekolah.

”Kami akan coba carikan solusinya. Salah satunya melakukan pendistribusian siswa ke sekolah yang masih memiliki daya tampung,” sebutnya.

Saat ini, panitia PPDB tengah melakukan seleksi peserta didik sesuai dengan jalur yang dipilih orangtua. Untuk tingkat SD, ada tiga jalur. Pertama, jalur zonasi memiliki 80 persen kuota, jalur afirmasi 15 persen, dan perpindahan orangtua 5 persen. Pengumuman PPDB akan dilakukan langsung kepada orangtua pada 19 Juni mendatang.

Hendri mengatakan, pendaftaran SMPN masih dibuka sampai 23 Juni sehingga Orangtua tidak perlu khawatir. Data sementara, jumlah pendaftar di SMPN sampai Rabu (16/6) pukul 10.15 WIB mencapai 3.611 anak. Tahun ini, tersedia kurang lebih 10 ribu kursi bagi siswa baru SMPN di Batam. (*/jpg)