batampos.co.id – Tiga proyek utama Badan Pengusahaan (BP) Batam di Sekupang, yakni pembangunan Taman Kolam, Taman Rusa dan ruas jalan sepeda, masih terus berlanjut. Pantauan Batam Pos, progres yang paling terlihat yakni Taman Kolam dan Taman Rusa. Sementara, ruas jalur sepeda belum ada perbedaan sama sekali seperti sebelumnya.

Kini, Taman Rusa sudah ditutup karena sedang fase pengembangan. BP Batam saat ini masih menggarap lahan di bagian depan dari taman tersebut. Sementara di Taman Kolam, masih dalam proses pematangan lahan.

Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto, mengatakan, BP Batam juga akan menambah sejumlah fasilitas baru khusus di Taman Rusa. ”Rencana pengembangan Taman Rusa akan dibangun dua kolam. Pertama, kolam yang ditujukan untuk rekreasi pengunjung, khususnya anak-anak. Kedua, kolam khusus pemancingan. Bibit-bibit ikan akan kita semai di sana, jika sudah berkembang biak, kita bisa gelar lomba memancing di Taman Rusa,” terang Purwiyanto belum lama ini.


Ia menambahkan, pengembangan tersebut untuk menambah daya tarik wisata di Sekupang tersebut, sekaligus sebagai pemicu bergeraknya roda perekonomian di Batam.

“Sebagai destinasi wisata, maka harga karcisnya juga tidak akan mahal dan tentu saja itu perlu dukungan masyarakat untuk turut memeliharanya,” ujarnya.

Selain kolam ikan, area peternakan unggas juga akan dibangun sebagai bagian dari pengembangan Taman Rusa Sekupang. Puwiyanto berharap, bila pengembangan Taman Rusa telah rampung, masyarakat Kota Batam dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin. (*/jpg)