batampos.co.id – Kasus Covid-19 di Indonesia mulai melonjak tiap harinya. Pada Kamis (17/6), kenaikan angka kasus positif nasional mencapai 12.624 kasus. Kasus tertinggi disumbang DKI Jakarta dengan angka 4.144 kasus. Melihat tren tersebut, diprediksi akan ada pertambahan kasus kelipatan 2 ribu kasus positif tiap harinya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam, mengungkapkan, jika kasus bertambah hampir 2 ribuan per hari, maka dikhawatirkan DKI Jakarta bisa seperti Kudus, Jawa Tengah. Sebab DKI Jakarta sedang dilanda penyebaran mutasi varian Delta dari India yang cepat menular.

“Ini semua kumulatif lah, pertama kumulatif pasca Lebaran dan adanya varian delta nih. Jakarta bisa kayak Kudus nih terus terang aja. Yang fokus kan sekarang Jakarta nih. Kalau Bandung kita belum tahu tuh. Kalau Jakarta kan didominasi varian delta,” tegas Prof Ari kepada JawaPos.com, Kamis malam (17/6).


Menurut Prof Ari, kasus di DKI Jakarta kemarin berlipat bertambah 2 ribu menjadi 4 ribu kasus. Jadi diperkirakan hari ini, Jumat (18/6), kasus Indonesia atau nasional bisa mencapai 15-16 ribu kasus.

“Varian Delta ini cepat sekali menular. DKI Jakarta akan dobel bertambah 2 ribu tiap hari. Kemarin 2 ribu, sekarang 4 ribu, besok bisa tambah 2 ribu lagi. Lalu ditambah dari daerah seribu hingga 2 ribu juga,” ungkapnya.

Sehingga tak perlu menunggu sampai minggu depan, kata Prof Ari, saat ini saja RS sudah kolaps. Banyak pasien sudah mengantre di IGD untuk mendapatkan ruang perawatan dan ICU.

“Sekarang saja RS sudah kolaps. Jangan sampai pasien meninggal di IGD karena tak mendapatkan tempat tidur,” kata Prof Ari.(jpg)