batampos.co.id – Pasien meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 terus bertambah. Berdasarkan data tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Kota Batam, dalam empat hari terakhir rata-rata lima orang meninggal dalam sehari.

Contohnya, Rabu (16/6) lalu, terjadi penambahan lima pasien meninggal. Sehari sebelumnya, Selasa (15/6) juga lima orang. Bahkan pada Senin (14/6) ada enam pasien meninggal. Sedangkan Kamis (17/6) bertambah lagi dua pasien. Total dalam empat hari terakhir sudah 18 pasien.

Dengan penambahan tersebut, maka secara keseluruhan pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di Batam telah mencapai 238 orang, sejak pertama kali Batam dinyatakan pandemi Covid-19.


”Ada penambahan lima orang kemarin (Rabu, 16/6, red) dan hari ini (Kamis, 17/6, red) dua orang akibat Covid-19,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Batam, dr Didi Kusmarjadi, SPoG, kemarin.

Berdasarkan data tim gugus tugas, pasien meninggal sebagian besar adalah yang terkonfirmasi bergejala. Adapun usia pasien meninggal paling banyak berusia 46 tahun sampai 55 tahun, dan usia 56 tahun sampai 65 tahun di posisi kedua.

Selain itu, tim gugus tugas juga mencatat kecamatan dengan jumlah pasien meninggal terbanyak. Di posisi pertama, Kecamatan Batam Kota sebanyak 62 orang. Disusul Sekupang 32 orang, dan Kecamatan Lubukbaja 27 orang. Selanjutnya, Kecamatan Sagulung 22 orang, Bengkong 19 orang, dan Batuaji 18 orang.

Lalu, Kecamatan Batuampar dan Seibeduk masing-masing 15 orang, serta Kecamatan Nongsa 14 orang. Untuk wilayah hinterland, pasien meninggal tertinggi di Kecamatan Belakangpadang dengan jumlah sembilan orang, Bulang tiga orang, dan Kecamatan Galang satu orang.

Selain pasien meninggal, warga Batam yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga terus bertambah. Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam mencatat pada Kamis (17/6), ada penambahan 131 kasus baru.

Menurut Didi, dari 131 pasien baru tersebut, 73 orang bergejala, 50 tanpa gejala, dan tujuh lainnya terkonfirmasi kontak, satu kasus lain terkonfirmasi perjalanan impor, serta terkonfirmasi positif namun tidak ada riwayat perjalanan atau kontak erat.(*/jpg)