batampos.co.id – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat SMP negeri mulai dibuka sejak Rabu (16/6). Kepala SMP Negeri 3 Batam, Wiwik Darwiyati, mengatakan, hingga hari kedua pelaksanaan PPDB online, pihaknya telah memverifikasi 150 berkas pendaftaran calon siswa, Kamis (17/6).

”Sejauh ini proses PPDB online ini berjalan lancar dan tidak ada kendala,” kata Wiwik.

Disebutkannya, sampai siang kemarin, SMP Negeri 3 Batam sudah menerima 300-an berkas pendaftaran. Sebanyak 150 berkas pendaftaran sudah masuk ke data penerimaan. Dimana, berkas yang masuk itu berasal dari jalur afirmasi, zonasi serta kuota untuk jalur prestasi.


Wiwik menambahkan, SMPN 3 membuka 11 rombongan belajar (rombel). Adapun, jumlah kuota siswa yang diterima 396 orang. Ada empat jalur masuk yang ditetapkan yakni jalur zonasi sebesar 50 persen, jalur prestasi 30 persen, afirmasi 15 persen dan jalur perpindahan 5 persen.

”Saat ini, proses pendaftaran di sekolah masih terus berlangsung. Data yang masuk langsung kami verifikasi,” ungkap Wiwik.

SMPN 3 Batam menjadi salah satu sekolah favorit di wilayah Sekupang. Sekolah ini banyak diincar siswa dan orangtua siswa karena banyaknya penghargaan yang diterima sekolah yang berada di Kecamatan Sekupang tersebut.

”Ini coba masuk jalur prestasi, karena kalau dari zonasi tidak masuk. Berkasnya sudah masuk, mudah-mudahan diterima,” ujar Septian, warga Tanjungpinggir, Sekupang yang mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

Sedangkan proses PPDB di SMPN 27 Batam masih berlangsung. Kepala SMPN 27 Batam, Borbor HT Pasaribu, mengaku, sudah 217 berkas pendaftaran masuk. Sementara, yang diverikasi ada 104 berkas.

”Hari kedua (PPDB) ini masih berjalan lancar, syukur karena tidak ada kendala,” katanya.

SMPN 27 Batam juga menyediakan 10 rombel dengan kuota 360 siswa. Tercatat, dari siswa yang telah memasukkan berkasnya terdiri dari 40 orang jalur zonasi, lima afirmasi dan tiga calon siswa jalur zonasi.

”Kami masih terus verifikasi. Sementara data yang masuk baru itu,” imbuhnya.

Kepala SMPN 20 Batam, Tengku Fetti Aryani, mengaku, proses PPDB di sekolahnya terus berjalan. Sejauh ini sudah ada seratusan calon siswa yang mendaftar di sekolah yang beralamat di Tiban, Kecamatan Sekupang tersebut. ”Alhamdulilah lancar,” katanya singkat.

Meskipun banyak guru mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19, namun tidak mengganggu proses PPDB di sekolah. Secara berkala, ia mengaku memantau perkembangan PPDB di sekolah.

”Prosesnya tetap berjalan. Dimana berkas masuk akan langsung diverifikasi,” ujarnya. (*/jpg)