batampos.co.id – Dinkes Batam menghentikan sementara pelaksanaan vaksinasi walk-in atau langsung. Salah satunya di Kepri Mall yang dijadwalkan hari ini, Jumat (18/6). Langkah ini diambil imbas dari kerumunan yang terjadi di Mega Mall Batam Center, kemarin.

“Kecuali di Temenggung, yang lain di-pending semua. Besok (hari ini, red) juga ada di Kepri Mall, 700 dosis, tapi saya sudah minta ditunda,” ujar Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, kemarin.

Ia mengakui, jumlah vaksin tidak banyak. Total stok vaksin hanya 80 ribu dosis. Vaksin terdiri dari 50 ribu AstraZeneca dan 30 ribu dosis Sinovac.


”Tadi malam sudah kita terima langsung dari provinsi. Dikirim menggunakan kapal provinsi sebanyak 6 ribu vials. Namun karena datangnya sudah malam sekitar pukul 21.00 WIB, baru kami bisa distribusikan pagi hari, makanya vaksinasi sedikit terlambat. Hari ini (kemarin, red) kami baru bisa mulai pukul 9.30 WIB,” bebernya.

Didi menambahkan, semua telah dikerahkan demi menyukseskan pelaksanaan vaksinasi. Pembukaan vaksinasi terpusat bertujuan untuk mempercepat. Namun, fakta di lapangan di luar dugaan terjadi lonjakan luar biasa. Sehingga perlu langkah antisipasi pencegahan, agar tidak terjadi kerumunan. ”Makanya, sementara kita setop dulu ya, agar kondisi baik dulu,” sebutnya. (*/jpg)