batampos.co.id – Melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 dan bertambahnya jumlah pasien yang meninggal dunia karena virus tersebut, mengharuskan Kota Batam memiliki lokasi permakaman
yang memadai.

Untungnya, saat ini TPU Seitemiang yang sebelumnya mengeluhkan minimnya lahan makam, mulai dapat bernapas lega lantaran tersedia lahan baru yang dapat digunakan untuk area permakaman.

Zailani, Sekretaris Yayasan Khairul Ummah, pengelola permakaman muslim di Tempat Permakaman Umum (TPU) Seitemiang, Sekupang, mengatakan, untuk area permakaman korban Covid-19 saat ini masih mencukupi sebab masih banyak lahan yang kosong.


”Masih mencukupi sebab yang terisi baru sekitar 200-an makam,” ujar Zailani, Jumat (18/6/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Lahan tersebut, posisinya berada dekat lokasi lahan yang sedang dikerjakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Perakimtan) yang berada di sisi belakang.

Sedangkan, terkait permintaan lahan baru sebagai area permakaman umum, juga mulai menemukan titik terang.

Kini, lahan rawa-rawa di belakang area permakaman yang sudah terisi, mulai dikerjakan oleh sebagai lahan pengganti.

Seperti diketahui, pengelola TPU Seitemiang sebelumnya mengeluhkan dalam kondisi kritis karena lahan yang ada semakin menipis sebab sudah terisi dengan makam-makam.

Lahan cadangan yang ada, diprediksi hanya bertahan sekitar enam bulan ke depan.

”Iya, yang bagian belakang (lahan tambahan) sudah mulai dikerjakan oleh Perakimtan, semoga cepat rampung dan bisa segera digunakan,” ujarnya.(jpg)