batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan melanjutkan vaksinasi massal tahap kedua di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning karena terbilang sukses dan mampu mendorong naiknya persentase warga Batam yang divaksin. Data terakhir, total capaian sasaran vaksin sudah 224.003 orang atau 28.54 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Batam, dr Didi Kusmarjadi, SPoG, mengatakan total sasaran yang harus divaksin mencapai 785.003 orang. Saat ini total vaksin masih 14.502 vials multidose. Stok saat ini masih cukup sampai akhir bulan Juni ini.

”Besok (hari ini, red) kita start lagi di Temenggung. Untuk hari ini (kemarin, red) kita istirahat dulu karena kasihan tenaga medis yang sudah berjibaku selama beberapa hari ini,” ujarnya.


Ia menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi juga mulai digelar di puskesmas di masing-masing wilayah. Jika tidak ada kendala seperti kekurangan tenaga medis, penyuntikan bisa dilakukan di semua puskesmas.

”Kalau ada pasti dibuka untuk vaksinasi. Namun karena pemusatan penyuntikan di Temenggung dan titik-titik lainnya, di puskesmas tidak bisa diselenggarakan. Namun itu bukan masalah. Puskesmas yang masih ada nakes tetap menggelar vaksinasi seperti Puskesmas Tanjungbuntung,” sebutnya.

Agar vaksinasi berjalan teratur dan tidak menimbulkan keramaian, pihaknya minta peran RT/RW turun serta membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi. Mekanisme untuk vaksinasi di puskesmas yaitu warga mendaftar melalui RT/RW. Setelah itudikumpulkan di kelurahan.

Selanjutnya, puskesmas akan menjadwalkan vaksinasi setiap hari berdasarkan data yang terkumpul tersebut. Untuk jumlah sasaran yang divaksin tergantung kemampuan puskesmas, 300-500 per hari.

”Ada juga yang 100 per hari karena keterbatasan tenaga. Sebab untuk mendukung jalannya vaksinasi dibutuhkan tiga orang tenaga observasi, tiga orang tenaga input data, dan dokter yang bertugas untuk penyuntikan. Sedangkan di Temenggung kita butuh banyak, jadi semua diatur agar terlaksana dengan baik,” bebernya.

Saat ini, total vaksin yang tersedia untuk merek Sinovac sebanyak 6.654 vials, dan mereka AZ (AstraZeneca) sebanyak 9.873 vials. Total keseluruhan 16.527 vials atau mampu untuk menyuntik 165.527 sasaran.(*/jpg)