batampos.co.id – Anak-anak yang terpapar Covid-19 di Batam jumlahnya tidak sedikit. Tercatat, sudah 802 anak Batam di bawah 16 tahun terpapar Covid-19. Penularannya kebanyakan berasal dari orangtua.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, dari 802 anak ini dikelompokkan dari umur 0 hingga 5 tahun sebanyak 237 orang, 6 hingga 11 tahun 280 orang, dan 12 hingga 16 sebanyak 285 orang. Dari data ini juga, tiga anak meninggal dunia dari kelompok umur 0 hingga 5 tahun.

”Itu yang meninggal bayi. Tapi bukan murni Covid-19. Kondisinya sedikit buruk saat sakit dan kekurangan oksigen,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, dr Didi Kusmarjadi, SPoG, Selasa (22/6).


Didi mengatakan, sejauh ini, berdasarkan penelitian sementara, anak-anak jauh lebih kuat menghadapi Covid-19. Sehingga saat terpapar, Covid-19 anak-anak kebanyakan mengalami gejala ringan bahkan tidak bergejala.

”Anak lebih kuat terhadap Covid-19, sehingga belum ada anjuran vaksin. Namun, orangtua sangat rentan,” tutur Didi, yang juga Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Batam itu.

Berkaca dari banyaknya kasus anaknya yang terpapar Covid-19 di Batam, Didi berharap orangtua lebih memperhatikan protokol kesehatan (protkes).

Sebab sejauh ini, anak-anak lebih banyak berada di rumah selama pandemi. ”Mobilitas tinggi itu kan orangtuanya. Jadi, orangtuanya yang harus menjaga diri di luar, sehingga anak-anaknya tidak terpapar,” ucapnya.

Didi mengatakan, sangat penting menerapkan protkes. Karena protkes tidak hanya menjaga diri tetap sehat, tapi juga orang sekitar seperti anak dan orang-orang sudah berusia lanjut.

Ia mengatakan, 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) saja tidak cukup. ”Harus tambah 2M (menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas),” jelasnya.

Selain itu, Didi berhadap kepada orangtua atau sudah yang berumur 18 tahun ke atas dapat mengikuti vaksinasi. Apalagi, vaksinasi Covid-19 sudah dapat dilaksanakan di puskesmas-puskesmas terdekat. ”Sekarang lebih gambang, mendaftar di RT dan RW,” sebutnya.(jpg)