batampos.co.id – Operator kapal Feri MV Putri Anggreni 05 yang melayani rute Tanjungpinang-Telagapunggur, Batam-Tarempa, Anambas, meminta calon penumpang kapal ke depan untuk tidak lagi menghubungi atau memesan tiket lewat call center lama dengan nomor WA 08117774441.

Pasalnya nomor itu sudah dibajak orang yang tidak bertanggung jawab dan digunakan menipu calon penumpang kapal dan operator kapal demi mencari keuntungan.

Sekarang, pihak pengelola sudah membuat nomor call center WhatsApp (WA) baru di nomor 08117000566 dan nomor rekening operator atas nama PT. Putramaju Global Indonesia di BNI, Mandiri, dan BCA. Raden Sihotang, Manager Operasional PT Putramaju Global Indonesia selaku operator MV Putri Anggreni 05 di Kepri mengaku, akibat ulah orang yang meng-hack nomor call center lama, ratusan calon penumpang tertipu.


Pasalnya, saat calon penumpang menghubungi nomor WA lama, oknum penipu meminta calon penumpang mentransfer uang tiket ke rekeningnya. Merasa tak ada yang ganjil, calon penumpang pun mentransfer.

”Ketahuannya saat calon penumpang mau berangkat tapi di kami belum terrekap datanya karena tak ada masuk data dan uang ke rekening perusahaan. Calon penumpang menunjukkan bukti transfer tapi ternyata bukan nomor rekening kami melainkan rekening si penipu,” ujarnya, Rabu (23/6/2021).

Karena tak ada uang masuk ke rekening perusahaan, tiket untuk calon penumpang pun tak bisa diberikan. Dijelaskan Raden, banyak calon penumpang di Anambas, Batam, dan Tanjungpinang tertipu, termasuk pihak pengelola MV Putri Anggreni 05.

”Kami sudah melapor ke kepolisian di Batam, calon penumpang di Anambas yang tertipu juga sudah melapor ke kepolisian. Mudah-mudahan cepat dibongkar modus penipuan ini. Sebab sampai sekarang nomor Wa lama itu masih aktif. Tapi kamu sudah melapor juga ke operator kartu seluler untuk menonaktifkan nomor itu.

”Bagi calon penumpang kami bisa hubungi di nomor 08117000566. Ini nomor baru kalau yang lama sudah dipegang penipu. Terus kalau mau transfer, nomor rekening kami di BNI, Mandiri, dan BCA atas nama PT. Putramaju Global Indonesia. Tidak ada nomor rekening kami selain itu, apalagi pakai nama pribadi,” bebernya.

Sekali lagi, Raden mengimbau para calon penumpang kapal agar jangan menghubungi nomor lama lagi. ”Agar tak ada lagi yang tertipu. Kami tak bisa berbuat banyak kalau calon penumpang sudah tertipu orang yang bertanggung jawab. Saat ini kami sudah ganti nomor WA. Nomor baru 08117000566 kalau mau memesan tiket online,” katanya. (*/jpg)