batampos.co.id – Vaksinasi Covid-19 di Kota Batam tidak hanya dilakukan di kawasan mainladn. Tapi juga dilaksanakan di mainland.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) menyambangi Pulau Kasu, Belakang Padang, Kamis (24/6/2021).

Pulau Kasu merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Singapura.


Amsakar dan Forkopimda mengapresiasi antusias masyarakat terlibat mensukseskan program vaksinasi.

Camat Belakang Padang, Yudi Admaji, mengatakan, selain tenaga kesehatan (nakes) dan tim Covid-19, vaksinasi dibantu oleh Relawan Aksi Pemuda Batas Negeri.

“Para relawan merupakan kumpulan anak muda Belakang Padang yang secara sukarela membantu penanganan Covid-19,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) menyambangi Pulau Kasu, Belakang Padang, Kamis (24/6/2021). Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

Mereka lanjutnya, ikut membantu nakes dan tim dalam mensosialisasikan protokol kesehatan dan membantu entry data vaksinasi.

“Mereka ada yang bekerja juga kuliah, terlibat sukarela tanpa bayaran,” paparnya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengucapkan terimakasih atas antusiasme seluruh pihak yang terlibat dalam proses vaksinasi tersebut.

“Kerja ini memang tak akan selesai oleh kami saja. Agar berjalan dengan sukses, kebersamaan seperti ini yang kami harapkan,” kata Amsakar.

Ia menyebutkan, program Vaksinasi Jangkau pulau (Nasi Kapau) merupakan ikhtiar mencegah Covid-19 hingga pulau-pulau penyangga.

Dengan kata lain, fokus vaksinasi tidak hanya di pulau utama, Batam.

“Saya seyogyanya menyampaikan terimakasih untuk kita semua yang bertungkuslumus mencegah penyebaran Covid-19 ini,” kata dia.

Kapolres Barelang Kombes Yos Guntur, juga mengapresiasi kekompakan elemen masyarakat.

Senada dengan Amsakar, ia menyebut suksesnya penanganan Covid-19 tidak hanya bertumpu pada peran pemerintah maupun TNI Polri saja, namun juga semangat kolektif masyarakat.

“Saya kira hal baik ini (kekompakan) harus dipertahankan. Ada peran pengusaha, pemuda lalu nakes. Saya ucapkan terimakasih banyak,” ujarnya.

Ia meminta masyarakat yang sudah divaksin untuk mengajak yang belum divaksin untuk ikut serta dan ikut meluruskan informasi yang keliru seputar vaksin.

“Vaksinasi akan memperkuat imun. Masyarakat sehat, ekonomi juga akan segera pulih,” ujar dia.

Komandan Lanud Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan, mengajak masyarakat untuk tetap semangat di tengah pandemi yang masih merebak.

“Saya harap setelah vaksinasi, tetap jaga prokes,” katanya.(*/esa)