batampos.co.id – Virus corona varian Delta dipastikan belum masuk Batam. Ini berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium antara Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) terhadap sampel pilihan yang sudah dikumpulkan selama ini.

”Total ada 86 sampel pilihan yang sudah diperiksa, namun tidak satupun varian Delta dan Gamma,” ujar kepala BTKLPP Batam, Budi Santosa, Kamis (24/6).

Di Indonesia, varian Delta memang telah menyebar di Jakarta, Bangkalan, dan Kudus. Sedangkan varian Gamma yang telah menyebar di Amerika Serikat belum ditemukan.


”Satu-satunya varian baru yang sudah ditemukan di Batam itu jenis Alpha atau B117, dan itu baru satu orang. Untuk Delta dan Gamma belum ada,” tegas Budi, lagi.

Seperti diketahui, varian-varian terbaru dari Covid-19 ini jadi perhatian serius karena dikhawatirkan lebih berbahaya dan lebih cepat menular. Pemerintah melalui berbagai lembaga atau instansi yang menangani Covid-19 secara serius mengawasi masuknya varian terbaru tersebut.

BTKLPP salah satu lembaga yang meneliti sampel-sampel Covid-19, juga berkerja maksimal mengawasi masuknya varian-varian terbaru ini. Semua sampel Covid-19 diperiksa lagi dan jika ada sampel yang mencurigakan atau menjurus ke gejala Covid-19 varian terbaru, langsung dipisahkan untuk diteliti lebih lanjut.

”Sampel-sampel yang kami sortir untuk diperiksa lebih lanjut ini ada sekitar 497 sampel dan yang sudah diperiksa sebanyak 86 sampel. Sejauh ini masih aman. Yang terdeteksi non varian semua,” kata Budi.(jpg)