batampos.co.id – Pelebaran dan penataan Jalan Laksamana Bintan, Seipanas yang menghubungkan terowongan Pelita menuju Simpang Kalista, Batam Center, hingga
kini masih tertunda.

Jalan yang kewenangan pembangunannya berada di bawah PemprovKepri tersebut, sudah dua tahun tak dilanjutkan penataannya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Tumbur Hutasoit, mendesak Pemprov Kepri segera melakukan peningkatan infrastruktur salah satu jalan protokol di Batam tersebut.


”Pemerintah provinsi harus lebih peka untuk melihat kondisi jalan ini. Memalukan sekali kalau jalan protokol kondisinya seperti ini,” ujar Tumbur, Jumat (25/6/2021) seperti yang diberitakan harian Batam Pos.

Ia melanjutkan, mestinya Pemprov Kepri tak perlu didesak dan langsung memberikan perhatian serius untuk penataan jalan-jalan yang berada di bawah kewenangannya.

Ruas jalan Laksamana Bintan, Sei Panas, Kota Batam kerap membingungkan para pengendara. Hal ini disebabkan setelah dilebarkan ruas jalan yang mengarah ke Nagoya terbelah menjadi dua. Foto; Dhiyanto/batampso.co.id

”Karena jangan sampai jalan yang tidak perlu harus ditambal, kemudian ditambal terus menerus. Sebaliknya, jalan yang sebenarnya memang butuh harus diperbaiki tapi tidak segera diperbaiki,” katanya.

Ia menambahkan, kondisi jalan yang tidak rata dan banyak berlubang itu makin memprihatinkan karena dikhawatirkan akan menimbulkan korban jiwa, khususnya pengendara sepeda motor yang melintas.

Terutama, saat melintas pada malam hari yang kondisi jalannya juga minim
dengan penerangan jalan.

”Kalau provinsi belum bisa seharusnya itu bisa diambil alih oleh BP Batam. Jadi, jalan itu sudah seharusnya segera diperbaiki agar jangan menimbulkan korban di masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah masyarakat mengeluhkan kondisi jalan yang sudah lama tidak dilakukan perbaikan itu.

Padahal, jalan tersebut setiap harinya selalu dilewati oleh masyarakat hingga pejabat
daerah.

”Padahal dari tahun 2018 mulai diperbaiki. Tapi sampai sekarang tidak dilanjutkan
pengerjaannya. Sudah sering terjadi kecelakaan di jalan ini,” ujar Andi, salah seorang pengendara motor.(jpg)