batampos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Hang Nadim memprakirakan Kota Batam berpotensi akan diguyur hujan lokal hingga satu minggu ke depan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, mengatakan, saat ini curah hujan di Kota Batam sangat tinggi.

“Diperkirakan dalam seminggu kedepan potensi curah hujan masih tinggi,” ujarnya, Senin (28/6/2021).


Ia menjelaskan Kepulauan Riau merupakan provinsi di Indonesia yang tidak memiliki peralihan musim dari kemarau ke hujan atau sebaliknya.

“Jadi khusus wilayah Kepri itu tidak ada musim hujan maupun kemarau makanya disebut wilayah nonzom,” tuturnya.

Ia menjelaskan, hujan saat ini dikarenakan fenomena angin tekanan rendah yang terjadi di sekitar Kepri. Hujan lanjutnya biasanya disertai petir.

“Kejadian ini bersifat sementara. Untuk besok dan seterusnya diperkirakan sudah mulai berkurang dan pusat tekanan anginnya sudah mulai jauh dari Kepri,” katanya.

Untuk gelombang laut saat ini di Kota Batam masih normal yaitu 0,1 hingga 0,5 meter, dengan kecepatan angin 5-20 knot.

“Untuk siang ini diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir serta angin kencang,” jelasnya.

Hujan lanjutnya akan terjadi di beberapa wilayah. Seperti Nongsa, Batam Kota, Bengkong, Lubuk Baja, Sekupang, Batu Aji, Bulang dan sekitarnya.(nto)