batampos.co.id – SPAM Batam memberikan tips kepada masyarakat untuk mengetahui penyebab tagihan air melonjak atau tinggi dari biasanya.

Dilansir dari media sosial instagram milik SPAM Batam ada tiga cara untuk mengetahuinya yakni:

1. Pemakaian pola konsumsi pemakaian air yang meningkat


Ini terjadi saat ada kegiatan di rumah seperti pesta Anda sedang merenovasi rumah, ada tambahan anggota keluarga serta menjadi penyelenggaraan acara dan lainnya.

Hal itu berakibat kubikasi pemakaian otomatis bertambah. Bertambahnya kubikasi pemakaian ini, seringkali tidak disadari oleh pelanggan.

2. Kebocoran Instalasi Pipa Pelanggan

Potensi adanya kebocoran pada instalasi pipa pelanggan (rusaknya keran air/bocornya penampung air pada kloset WC/bocor pipa Instalasi sesudah meter dan lain-lain.

Karyawan SPAM Batam saat mencari titik kebocoran dengan tehnologi terbarukan. Foto: SPAM Batam

Hal ini akan berdampak pada potensi jumlah kubikasi pemakaian airnya menjadi tinggi.

Cara cepat dan tepat untuk mengetahui adanya kebocoran adalah mematikan semua kran air yang ada di rumah. Jika pandu meter tetap berputar, maka perlu diwaspadai adanya potensi kebocoran pipa instalasi dalam.

3. Lupa Menutup Keran

Pelanggan diharapkan selalu memastikan keran air terkunci atau tertutup dengan sempurna saat tidak digunakan.
Serta membiasakan diri memeriksa secara rutin floating valve jika pelanggan memiliki bak penampungan dan closet duduk.

Para pelanggan SPAM Batam juga diminta untuk bijak menggunakan air dan memeriksa kondisi instalasi pipa atau meter air secara rutin.

Pastikan Anda menemukan sumber masalah yang menyebabkan tagihan air melonjak tinggi terlebih dahulu.

Bagi pelanggan yang mendapati tagihan tinggi pada kubikasi pemakaian airnya, dapat menyampaikan laporan ke Kantor Pelayanan Pelanggan (KPP) terdekat dengan membawa foto stand meter untuk memudahkan petugas menyelesaikan permasalahan tersebut.(*/esa)