batampos.co.id – Proses pindah fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan saat ini dengan mudah bisa dilakukan sendiri secara online.

Di antaranya, melalui Aplikasi Mobile JKN atau bisa juga via WhatsApp (Pandawa).
Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam,
Irfan Rachmadi, mengatakan, di masa pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan mempermudah layanan bagi peserta yang ingin melakukan perubahaan data.

Peserta tak perlu lagi datang dan antre di Kantor BPJS Kesehatan.


”Untuk pindah faskes, bisa dilakukan online, melalui JKN atau Pandawa. Tak perlu lagi ke kantor,” ujar seperti yang diberikan Harian Batam Pos.

Menurut dia, perpindahan faskes dari A ke B langsung bisa diproses. Namun, untuk pelayanan di faskes yang baru pindah, berlaku mulai awal bulan atau per tanggal 1.

Dicontohkan, peserta melakukan proses perpindahan faskes dari A ke B di tanggal 14, maka pelayanan kesehatan di faskes B baru aktif di tanggal 1 bulan berikutnya.

Sedangkan layanan dari tanggal 15 hingga akhir bulan, masih bisa dilakukan di faskes lama.

”Kenapa baru di awal bulan aktif, karena proses kerja sama kami dengan faskes per awal
bulan. Jadi, setiap yang pindah, baru bisa aktif di awal bulan,” terang Irfan.

Dikatakan Irfan, proses perpindahan faskes bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali. Tentunya, dengan alasan tepat yang diajukan oleh peserta.

Begitu juga dengan perpin dahan kelas dari kelas 1 ke 2 atau 3, aktifnya pada bulan
berikutnya.

”Untuk pindah kelas bisa juga online. Khusus pindah kelas, berlaku per sekali setahun,” ujar Irfan.

Berikut ini cara pindah fasilitas kesehatan (faskes) secara online, bisa pakai Aplikasi Mobile JKN dengan mengunduh aplikasi JKN di PlayStore (Android) atau AppStore (iPhone).

Setelah masuk, pilih menu Pendaftaran Pengguna Mobile, masukkan nomor kartu JKN-
KIS, NIK e-KTP, isi data hingga alamat e-email.

Adapun, faskes merupakan tempat berobat yang diprioritaskan bagi peserta BPJS Kesehatan sesuai dengan pilihan saat mendaftar program tersebut.

Sementara, Pandawa, merupakan jawaban dari adanya beberapa peserta yang sulit mengakses aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sebelumnya, lantaran gagap teknologi.

Hal ini disebabkan karena melalui Pandawa, peserta cukup menghubungi nomor layanan masing-masing daerah dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan.

Bagi pasien BPJS yang ingin mengakses layanan Pandawa, dapat menghubungi nomor
yang disiapkan yakni +62895370680105.(jpg)