batampos.co.id – Semangat Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk mengikuti jejak Singapura yang akan berdampingan hidup dengan Covid-19 dan menganggapnya sebagai flu biasa setelah vaksinasi mencapai 70 persen patut diapresiasi. Namun, tantangan besar masih mengadang, yakni angka kematian yang terus berlanjut.

Senin (28/6), Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam melaporkan, enam pasien meninggal dengan status positif Covid-19. Satu pasien meninggal di rumahnya di Kezia Residence, Lubukbaja, setelah tak tertampung di rumah sakit terdekat akibat penuh. Ini pasien pertama isolasi mandiri yang meninggal.

Dengan penambahan ini maka jumlah pasien yang meninggal karena Covid-19 di Batam menjadi 289 orang. Sementara tingkat kematian menjadi 2,205 persen. Angka ini semakin meneguhkan grafik kematian harian yang terus menanjak dalam satu bulan terakhir. Bahkan, dalam tiga hari terakhir ini saja, 21 warga Batam meninggal akibat Covid-19.


Angka kematian akibat Covid-19 ini sempat turun di awal tahun 2021. Namun sejak dua bulan terakhir, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan pasien meninggal dunia mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Tingginya kasus kematian, lantaran sebagian besar pasien punya penyakit bawaan. Dimana, mereka dengan komorbid akan lebih mengalami gejala berat seperti gejala sesak napas yang berakibat ke kegagalan napas. ”Yang memiliki komorbid juga banyak, makanya banyak yang meninggal,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Kota Batam, dr Didi Kusmarjadi, SPoG, di Sekupang, kemarin.

Selain pasien meninggal, kemarin, tercatat ada penambahan 162 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dimana, 124 orang merupakan pasien bergejala, 26 orang tanpa gejala, tiga kasus terkonfirmasi perjalanan impor serta sembilan kasus lain terkonfirmasi kontak.

Tercatat sampai kemarin (28/6), pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam telah mencapai 13.108 orang. Dengan 11.102 orang sembuh dan 1.717 pasien masih dirawat. ”Yang sembuh juga nambah 126 orang lagi. Imbauan kita tetap patuhi 5M,” imbaunya.(*/jpg)