batampos.co.id – Bermain game online sudah jadi salah satu kegiatan menyenangkan yang semakin ramai peminatnya setelah anjuran di rumah saja selama pandemi corona ini. Apakah Anda salah satunya?

Banyaknya game online yang seru untuk dimainkan dalam berbagai genre tentunya memberikan banyak pilihan bagi Anda Ingin main game apa. Meski banyak game online yang bisa dimainkan melalui smartphone, namun banyak yang memilih main game di PC atau laptop karena layarnya lebih lebar dan kontrol gerakan selama bermain game lebih mudah.

Laptop gaming saat ini pun sudah banyak ragamnya. Bukan hanya dari brand yang memang khusus untuk pecinta game seperti Razer, namun brand yang biasanya mengeluarkan laptop casual pun turut merilis produk laptop khusus gaming.


Sebut saja Asus ROG, Lenovo Legion, Dell Alienware, Acer predator dan masih banyak lainnya.

Apakah Anda tertarik beli laptop gaming murah untuk main game di rumah? Apakah ini akan jadi pembelian pertama Anda untuk laptop yang dikhususkan untuk gaming? Berikut ini ada berbagai tips memilih laptop gaming untuk pemula yang perlu Anda ketahui.

1.Perhatikan prosesornya

Sama seperti beli smartphone, jika ingin beli laptop gaming Anda pun perlu memperhatikan prosesor yang disematkan pada laptop yang diincar.

Untuk performa yang baik, disarankan membeli laptop yang punya prosesor minimal Core i5 ke atas untuk Intel. Perhatikan juga kecepatan prosesor yang ditandai dalam satuan GHz. Hal ini karena semakin tinggi angka tersebut, maka performa laptop bisa lebih kencang.

2. Perhatikan GPU-nya

GPU atau Graphics Processing Unit adalah elemen penting dari laptop gaming yang berfungsi untuk memastikan jika visual yang muncul pada layar laptop terlihat jelas dan tidak pecah. Elemen GPU ini perlu diperhatikan saat Anda membeli laptop karena berhubungan dengan kenyamanan diri saat bermain game dimana visual jadi poin penting dalam menikmati gameplay game online yang dimainkan.

3. Pilih layar dengan ukuran yang pas dan jernih

Layar juga jadi komponen penting untuk memberikan pengalaman main game yang menyenangkan. Maka dari itu pastikan laptop gaming Anda memiliki layar dengan ukuran yang pas sesuai dengan selera; apakah 13 inci, 14 inci atau malah 21 inci. Selain itu perhatikan juga resolusi layar tersebut. Pastikan sudah HD agar visual yang ditampilkan pada layar terlihat bagus, jernih dan tajam.

Namun jika budget Anda terbatas untuk beli laptop gaming, biasanya laptop standar gaming punya layar berukuran 14 inci seperti laptop bisnis pada umumnya.

4. Perhatikan kualitas kartu grafis (VGA)

Kualitas kartu grafis juga perlu dijadikan perhatian saat memilih laptop gaming karena visual saat bermain game tentu hal yang penting.

Terutama jika Anda memainkan game berat dengan kualitas grafis tinggi. Jika VGA dalam laptop tersebut tidak memadai maka visual yang muncul akan patah-patah yang tentunya mengganggu keseruan bermain game.

Saat ini VGA yang sering dipakai laptop-laptop khusus gaming adalah AMD Radeon dan nVidia GeForce.

5. Kapasitas RAM

RAM juga masuk dalam komponen penting laptop gaming yang harus diperhatikan. Pasalanya RAM berfungsi untuk mempercepat kinerja game dan juga menyimpan grafis game yang dimainkan.

Disarankan untuk memilih laptop gaming dengan RAM minimal 4GB jika style gaming Anda masih casual. Jika sering bermain game berat, RAM minimal 8GB juga sudah oke meski disarankan untuk membeli laptop dengan RAM 16GB karena akan memberikan kualitas permainan game yang lebih lancar tanpa membuat laptop tidak lag atau crash.

6. Media penyimpanan

Tips memilih laptop gaming bagi pemula selanjutnya adalah melihat media penyimpanannya. Cari tahu apakah laptop tersebut menggunakan tipe penyimpanan HDD atau SSD. Jika  budget memungkinkan, pilihlah laptop dengan SSD sebagai penyimpanannya karena memiliki kinerja yang lebih cepat dan lebih baik dibanding HDD.

SSD biasanya memiliki kapasitas kecil, sekitar 128GB hingga 512 GB dan harganya bisa sangat mahal sedangkan untuk HDD memang kurang dari sisi kinerja, namun HDD hadir dengan kapasitas besar hingga 1TB. Tapi tenang, saat ini sudah banyak kok laptop yang menggabungkan HDD dan SDD dalam satu perangkat sehingga performanya tidak perlu diragukan lagi.

Nah itulah tadi beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin membeli laptop gaming untuk pertama kali. Sangat penting untuk melihat spesifikasinya dengan mendetail agar mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan gain Anda dan juga budget yang ada.

Agar tidak bingung, Anda bisa lho mencari laptop gaming murah di Blibli.com. Anda bisa mengurutkan hasil pencarian berdasarkan harga, brand maupun spesifikasi spesifik yang dicari; misalnya RAM dan prosesor. Jika sudah ada yang sreg, tinggal checkout dengan mudah dan aman melalui Blibli.com. Semoga bermanfaat!.(*)