batampos.co.id – Pemerintah telah resmi menerapkan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang akan berlaku mulai 3 hingga 20 Juli 2021. Selama periode menerapkan PPKM Darurat berlaku, pelaku perjalanan domestik jarak jauh harus menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, hal tersebut menjadi syarat wajib bagi masyarakat selain menyertakan hasil tes negatif Covid-19 PCR maksimal dua hari sebelum pemberangkatan atau antigen maksimal sehari sebelum keberangkatan untuk perjalanan udara.

“Pelaku perjalanan domestik jarak jauh, menunjukkan kartu vaksin,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/7).


Luhut menuturkan, kebijakan tersebut dilakukan untuk menghindari adanya peningkatan kasus penularan Covid-19. Sebab, kasus aktif harian Covid-19 pada akhir-akhir ini sudah terlalu tinggi.

“Penggunaan kartu vaksin ini untuk menghindari orang lain tertular atau sebaliknya. Dengan vaksin bisa melindungi kita dari serangan Covid-19,” ungkapnya.

Secara terpisah, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati membenarkan hal tersebut. Hal tersebut saat ini masih dalam pembahasan bersama satgas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

“Ya benar itu sudah dinyatakan pak Luhut. Detil teknisnya masih dalam pembahasan bersama satgas dan kemenkes,” ujarnya saat dihubungi oleh JawaPos.com.(jpg)