batampos.co.id – SMAN 1 Batam masih menjadi primadona dan pilihan utama bagi masyarakat Batam. Antusias calon siswa untuk masuk ke SMAN 1 Batam terbilang sangat tinggi.

Tercatat, sepanjang 3 hari pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sebanyak 3.431 calon siswa melengkapi berkas pendaftaran.

Padahal kuota daya tampung SMAN 1 Batam tahun ini hanya 252 orang untuk tujuh rombongan belajar dengan setiap rombel 36 siswa.


”Jumlah ini hasil rekapan tim PPDB SMAN 1 hingga Rabu (30/6) sore. Hari ini masih berlangsung, belum kita rekap,” ujar Ketua PPDB SMAN 1 Batam, Hanafi, Kamis (1/7/2021) seperti yang diberitakan harian Batam Pos.

Disebut Hanafi yang juga Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Batam itu, jumlah ini calon
siswa yang memasukan berkas di SMAN 1 Batam ini bakal semakin meningkat, jelang batas waktu pendaftaran Jumat (2/7/2021).

”Sejumlah berkas yang masuk hari ini masih kita verifikasi. Berapa jumlah pendaftar hari ini nanti disampaikan,” ungkap Hanafi.

Ia juga menguraikan hasil rekapitulasi data masuk operator PPDB mulai hari pertama dibuka yakni pada 28  Juni ada sebanyak 800 orang pendaftar. Sementara untuk
29 Juni ada sebanyak 1.187 orang pendaftar.

Kemudian pada 30 Juni ada sebanyak 1.444 orang pendaftar. Total rekap operator yang masuk mendaftar sebanyak 3.431 orang.

Dari data itu didominasi oleh jalur zonasi kemudian jalur prestasi serta afirmasi. Dari semua pendaftar, Hanafi mengungkapkan sebanyak 1.160 berkas ditolak pengajuan.

”Petugas verifikasi data di sekolah hanya bisa melakukan dua hal, pertama verifikasi,
jika data ajuan memenuhi syarat atau ketentuan. Tolak, jika data tidak memenuhi
syarat atau ketentuan,” terang Hanafi.

Hingga kini proses pendaptaran PPDB masih tengah berlangsung. SMAN 1 Batam sendiri membuka tujuh rombongan belajar (rombel), dengan masing-masing rombel berisikan maksimal 36 orang siswa.

Adapun jalur masuk siswa terdiri dari jalur zonasi sebesar 65 persen, afirmasi atau siswa tidak mampu 15 persen, perpindahan orangtua 5 persen dan jalur siswa prestasi sebanyak 15 persen.

“Pengumuman pada 5 Juni dan daftar ulang pada 6-8 Juni,” jelasnya.

Hanafi menambahkan, tidak ada perbedaan PPDB tahun ini dengan tahun sebelumnya. Hanya saja jalur zonasi tahun ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya yang hanya
50 persen.

Untuk kriteria siswa yang berprestasi saat ini juga sudah sangat jelas, sehingga memudahkan panitia PPDB.

”Tahun kemarin zonasi 50 persen sekarang jadi 65 persen, itu saja sih bedanya,” pungkas
Hanafi.(jpg)