batampos.co.id – Kordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Panjaitan menyebut penanganan Covid-19 masih dapat dikendalikan ditengah lonjakan kasus Covid-19 dan minimnya fasilitas kesehatan di Rumah Sakit (RS). Pernyataan tersebut disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, penanganan Covid-19 dapat diatasi dengan kerja sama dan sinergi yang baik dari berbagai pihak baik pemerintah pusat maupun pemerimtah daerah. “Semuanya masih terkendali Pak Presiden. Ada kritis sana-sini, tapi semua dapat diatasi dan tim bekerja dengan sangat kompak, baik dari daerah sampai pusat. Saya berharap kalau kita kompak, Insya Allah ini semua akan bisa teratasi,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/7).

Luhut memaparkan, adapun langkah yang diambil pemerintah untuk mengatasi lonjakan penularan Covid-19, salah satunya adalah masyarakat dapat menjalani isolasi mandiri dengan memanfaatkan layanan telemedicine untuk mendapatkan pengobatan dan konsultasi secara gratis.


Ia meminta, masyarakat melakukan pemeriksaan swab antigen hanya di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes untuk memastikan bantuan pemerintah bisa diakses dan dimanfaatkan.

Menurutnya, kelangkaan oksigen karena adanya peningkatan 3 hingga 4 kali dari jumlah yang dibutuhkan. “Memang ada sedikit kekurangan, tapi sekarang dengan pengaturan dari 5 produsen oksigen, kita minta untuk 100 persen sekarang didedikasikan kepada masalah kesehatan,” jelasnya.

Luhut menambahkan, saat ini sejumlah pemerintah daerah dan berbagai pihak pun tengah membangun dan menyiapkan rumah sakit darurat untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19. “Dari TNI misalnya ada 10 tenda-tenda darurat, yang kita gunakan juga seperti di RSPAD itu akan digelar mulai hari ini sampai terus ke depan, itu ada 310 tempat tidur dan kita ingin dari 310 itu mungkin kita akan bisa jadi tempat emergency,” ungkapnya. (*/jpg)