batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berharap seluruh formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang disediakan tahun ini bisa terisi. Hal ini untuk mengisi kekurangan tenaga guru, medis, dan teknik sipil yang ada di lingkungan Pemko Batam.

”Guru kita paling butuh, karena seiring bertambahnya pembangunan infrastruktur. Tahun ini formasi yang dibuka cukup banyak, terutama untuk PPPK guru. Jadi saya berharap bisa terisi semua. Kalau tidak salah ada dua ribu lebih untuk guru ini,” kata Rudi saat menghadiri pertemuan orangtua di SMPN 3 Batam, Minggu (4/7).

Pendaftaran CPNS dan PPPK dibuka online, sehingga pendaftar bisa langsung mengakses. Seleksi sangat terbuka, sebab peserta bisa langsung melihat hasil tes yang mereka ikuti. ”Usai ujian hasilnya bisa langsung dilihat. Jadi tidak ada itu ada oknum yang bisa kasih jaminan untuk lulus seleksi, saya minta jangan percaya. Semua sudah transparan saat ini,” ujarnya.


Rudi berharap seluruh formasi ini bisa terisi. Untuk mereka yang saat ini berstatus honorer bisa meningkatkan jenjang karir mereka baik itu CPNS maupun PPPK.

Jumlah formasi cukup banyak, sehingga kesempatan untuk bisa lolos menjadi PNS. ”Semua proses diikuti saja. Kalau memang hasilnya bagus pasti lolos. Saya ingatkan jangan sampai percaya sama oknum,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, pelaksanaan penerimaan CPNS dan PPPK di Batam harus berjalan dengan baik. Sesuai mekanisme dan jadwal yang telah ditentukan. ”Karena itu para pegawai yang telah ditunjuk sebagai pansel harus benar-benar memahami mekanisme yang ada. Jangan sampai ada kesalahan yang dapat merugikan masyarakat yang mendaftar, baik CPNS ataupun PPPK,” kata Jefridin, Jumat (2/7).

Jika ada hal-hal yang dinilai meragukan agar segara menyampaikan kepada atasannya, supaya dapat diselesaikan. Kemudian, pihaknya juga mengingatkan agar tidak melakukan hal di luar aturan yang sudah ada.

”Siapa tahu ada tawaran yang aneh-aneh dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai tergoda, intinya jalankan mekanisme dan aturan yang ada,” tegasnya.

Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 pihaknya juga berharap para pegawai yang bertugas untuk verifikasi berkas CPNS dan PPPK dapat menjaga kesehatan. Sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Hasnah mengatakan Pemko Batam tahun ini membuka 2.958 formasi CASN. Terdiri dari 295 CPNS dan 2.663 PPK. (*/jpg)