batampos.co.id – Stok vaksinasi di Batam menipis. Hal ini membuat pelaksanaan vaksinasi terancam terhenti. Tingginya antusias masyarakat membuat Pemko Batam khawatir.

”Vaksin terbatas, tinggal seribu vial untuk 10 ribu orang. Kalau, hari ini (kemarin) tidak masuk kemungkinan, besok (hari ini, red) kami hentikan vaksinasi dulu,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, saat meninjau vaksinasi pelajar SMPN 62 Batam, di SDN 012 Tanjungbuntung, Bengkong, kemarin.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam, kata Amsakar, sudah meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri segera mengirim vaksin. ”Warga Batam antusias melakukan vaksinasi. Karena, banyak permintaan untuk melakukan vaksinasi. Ada yang sudah siap, tapi persediaan vaksin kita terbatas,” paparnya.


Di sisi lain, Gubenur Kepri, Ansar Ahmad, memberikan target vaksinasi harus tercapai di bulan Juli. Hal ini, kata Amsakar, akan sulit tercapai karena stok vaksin terbatas.

Sementara, Batam saat ini tengah fokus melakukan vaksinasi anak-remaja dan perusahaan. Begitu juga masyarakat umum. ”Kalau seperti ini untuk anak-anak saja tak cukup, lihat saja berapa ribu. Bagaimana, kami kejar target 50 persen atau 70 persen. Kami hanya konsentrasi pada anak dan perusahaan yang tidak dapat ditunda. Belum lagi masyarakat umum. Jadi, kami minta kepada provinsi. Kalau tak ada barang (vaksin) itu susah kami,” ucap Amsakar.

Menanggapi keterbatasan vaksin di Kota Batam, Wakil Gubenur Kepri, Marlin Agustina, mengatakan, akan menindaklanjuti permintaan tersebut. Karena, diakuinya stok di Kepri juga minim, mengakibatkan permintaan beberapa kota/kabupaten terhambat.

”Kami usahakan tidak ada kekosongan. Saya segera berkomunikasi dengan Dinkes provinsi mengenai persediaan vaksin ini,” ujar Marlin di lokasi yang sama.

Pemprov Kepri, tegas Marlin akan mengupayakan persediaan vaksin di Batam segera dikirim. Karena, hal ini bisa berdampak pada pencapaian target vaksinasi di Kepri yang gencar digaungkan Gubenur Kepri, Ansar Ahmad.

”Karena pencapaian target vaksinasi harus tercapai bulan (Juli) ini sesuai arahan Gubenur Kepri. Saya harap segera dikirim,” pungkas Marlin.(jpg)