batampos.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen menghadirkan bantuan sosial bagi masyarakat yang tengah membutuhkan. Bantuan itu merupakan bentuk dari alih anggaran kementerian yang selama pandemi virus Corona tidak terserap maksimal.

Sebagaimana intruksi Presiden Joko Widodo yang menginginkan adanya alih anggaran ke pos yang lebih membutuhkan, Sandiaga menyatakan siap menjalankan intruksi tersebut.

“Sesuai arahan bapak presiden, nantinya anggaran kementerian atau lembaga yang sekiranya tidak mampu terserap secara maksimal karena adanya pandemi, akan dialihkan untuk program-program yang lebih tepat manfaat, tepat waktu, dan tepat sasaran, seperti untuk keperluan program Bansos,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/7).


“Kami khususnya jajaran Kemenparekraf memastikan akan hadir untuk membantu masyarakat dengan program yang berkeadilan tersebut,” imbuh dia.

Dalam masa sulit seperti saat ini, Sandiaga mengatakan Kemenparekraf akan terus fokus melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. Tak hanya itu, ia juga bergerak bersama dinas pariwisata di daerah dalam rangka mitigasi dampak pandemi terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah.

Sandiaga juga menuturkan, kemenparekraf akan mendukung percepatan program vaksinasi agar tercipta herd immunity. Karena itu, di situasi yang serba sulit seperti saat ini, Kemenparekraf juga akan bergerak, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

“Kami akan membantu dinas pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah untuk melakukan mitigasi dampak pandemi khususnya bagi pelaku parekraf di daerah,” imbuh Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga kembali menegaskan dukungannya terhadap kebijakan PPKM Darurat yang diambil oleh pemerintah. Dia pun mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan, bahu membahu, menekan penyebaran Covid-19.

“Saat ini kita masih mengikuti kebijakan PPKM yang dikeluarkan oleh Pemerintah, selama satu minggu ini. Alhamdulillah kondisi dan situasi selama PPKM masih terkendali. Yang perlu kita lakukan adalah terus bergandengan erat untuk saling menguatkan agar pandemi dapat terus kita tekan penyebarannya,” kata Sandiaga.(jpg)