Kapten Argentina Lionel Messi mengangkat torfi Copa America 2021. Di final, Argentina mengalahkan Brasil 1-0. (Nelson Almeida/AFP )

batampos.co.id – Argentina keluar sebagai juara Copa America 2021. Pada partai final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro hari ini (11/7), Argentina sukses mengalahkan tuan rumah Brasil dengan skor 1-0.

Gol Angel Di Maria, meneruskan umpan panjang akurat dari Rodrigo De Paul pada menit ke-22, menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan ini.

Bagi Argentina, ini adalah gelar Copa America ke-15 dalam sejarah tim. Trofi 2021 adalah gelar pertama Argentina sejak 1993. Dengan 15 trofi, Argentina menjadi tim tersukses di Copa America. Jumlah 15 gelar, sama dengan yang dikumpulkan Uruguay.


Brasil yang berstatus juara bertahan, berada di peringkat ketiga dalam soal koleksi trofi Copa America. Tim Samba mengumpulkan sembilan gelar juara.

Selain bagi Argentina, gelar juara ini menjadi semacam akhir perjalanan dan penebusan bagi superstar mereka Lionel Messi. Sejak memulai debut di timnas senior Argentina pada 2005, setelah melalui banyak kekalahan dan penderitaan, akhirnya untuk kali pertama, Messi mampu membawa Argentina meraih gelar mayor.

Messi tampil luar biasa sepanjang turnamen. Dia mampu mencetak empat gol dan 5 assist. Dengan empat gol, Messi menjadi top scorer Copa America 2021 bersama penyerang Kolombia Luis Diaz.

Messi sendiri pernah mengantarkan Argentina menjadi juara dunia U-20 dan meraih emas Olimpiade Beijing 2008. Tetapi, selama bertahun-tahun, dia selalu gagal menang bersama Argentina di turnamen besar.(jpg)