batampos.co.id – Secara dramatis, Italia menjadi juara Euro 2020. Italia mengalahkan Inggris lewat adu penalti dalam partai final di Stadion Wembley, London, dini hari ini WIB (12/7).

Adu penalti dilakukan setelah dua tim bermain imbang 1-1 sampai babak extra time. Inggris unggul cepat lewat gol Luke Shaw pada menit kedua. Namun, Italia membalas melalui bek tengah Leonardo Bonucci pada menit ke-67.

Setelah menjalani pertarungan intens sampai babak tambahan waktu, skor kedua tim tidak berubah. Pertandingan akhirnya dilanjutkan pada fase tos-tosan.


Italia tampil sebagai tim penendang pertama dan berhasil menceploskan tiga gol melalui Dominico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi. Dua eksekutor lainnya, Andrea Belotti dan Jorginho gagal mencetak gol. Tendangan mereka ditepis Jordan Pickford.

Sementara itu, dua eksekutor pertama Inggris Harry Kane dan Harry Maguire sukses menceploskan bola. Sedangkan tiga eksekutor Inggris lainnya gagal mengeksekusi penalti.

Mereka adalah Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka. Tendangan Rashford melebar. Sedangkan sepakan Sancho dan Saka berhasil ditepis Gianluigi Donnarumma.

Ini adalah gelar Euro kedua bagi Italia setelah 1968. Bagi Italia, tahun ini adalah kebangkitan setelah kegagalan pada dua final yakni pada 2000 dan 2012. Sementara itu, bagi Inggris, Euro 2020 adalah final pertama.(jpg)