batampos.co.id – Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, dr Didi Kusmarjadi, SPoG, mengatakan, Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang menjadi rumah sakit paling banyak menampung pasien terkonfirmasi Covid-19.

Tercacat sebanyak 93 warga Batam dirawat di sana. Kemudian, sebanyak 73 pasien lainnya dirawat di RSUD Embung Fatimah, 65 orang di RSBP, 60 di Rumah Sakit Awal Bros, dan 46 di RS Elisabeth Batam Kota.

”Data ini belum termasuk pasien baru yang masuk sore hingga malam kemarin,” ujarnya.


Sementara itu, bila melihat per kecamatan, Sekupangmenjadi kecamatan dengan jumlah pasien dirawat terbanyak yakni 504 orang. Lalu, 449 orang di Batam Kota, 329 orang di Kecamatan Batuaji dan 311 orang di Kecamatan Sagulung. Sisanya, 293 orang warga Bengkong dan 204 di Lubukbaja.

Lalu, Kecamatan Seibeduk 192 orang, Nongsa 164 orang, serta Kecamatan Batuampar 105 orang. Kecamatan Belakang Padang juga naik menjadi 27 orang, Kecamatan Bulang tujuh orang dan Galang sebanyak 4 orang.

Sementara itu, hingga tadi malam, pasien Covid-19 masih membeludak di RSUD Embung Fatimah Batam di Batuaji. Jumlahnya masih di atas seratusan orang. Menurut Humas RSUD Embung Fatimah Batam, Novita, dari total 136 tempat tidur yang tersedia hanya tujuh.

Sebanyak 129 tempat tidur lainnya sudah terisi pasien Covid-19. ”Iya, tempat tidur yang tersedia tinggal tujuh lagi,” ujar Novi, kemarin.

Tempat tidur untuk penanganan pasien Covid-19 ini, tersebar di dua gedung yang berbeda yakni Gedung Tun Sendari Terpadu dan beberapa ruangan di gedung rawat inap. Untuk gedung rawat inap yang digunakan sebagai lokasi penanganan pasien Covid-19, di antaranya ruangan Anyelir, Tulip, Teratai, dan Flamboyan.

Selain itu, RSUD juga telah menyediakan tenda darurat di depan IGD sebagai antisipasi jika terjadi ledakan pasien Covid-19.(*/jpg)