batampos.co.id – Selain meninjau RSUD Embung Fatimah, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyempatkan diri berkunjung ke permakaman khusus Covid-19 di Seitemiang.

”Sudah banyak sekali yang dimakamkan di sana. Ini membuktikan virus ini sangat berbahaya. Untuk itu, mari kita semua menjaga diri. Kalau 5M sudah saya sebarkan, sekarang tinggal kesadaran bapak, ibu sekalian untuk mematuhi,”ujarnya saat meninjau RSBP
Batam di Sekupang, Senin (12/7/2021).

Rudi kembali mengungkapkan kekhawatirannya terkait penambahan jumlah kasus pasien bergejala. Apalagi, jumlahnya selalu tinggi sehingga menyebabkan ruang perawatan RS penuh.


Prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Seitemiang, Sekupang. Para penggali makam
di tempat tersebut mengeluhkan minimnya APD. Foto: Agus untuK Batam Pos

”Kalau yang lama ini belum sembuh, bagaimana kami memikirkan
perawatan pasien bergejala yang baru. Ini menjadi kendala, dan Batam dalam kondisi masalah jika persoalan ini tidak ditangani dengan baik dari sekarang,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien bergejala, ia sudah membuat edaran kepada seluruh rumah sakit rujukan untuk menambah daya tampung khusus pasien Covid-19 menjadi 40 persen dari total kapasitas RS.

”Suratnya sudah saya setujui. Jadi, harus ditingkatkan menjadi 40 persen, karena kondisi sudah darurat. Jadi mau tidak mau semua rumah sakit harus menambah ruang perawatan untuk menampung pasien bergejala,” ujarnya.(jpg)