batampos.co.id – Indonesia terus memecahkan rekor dalam kasus positif dan meninggal akibat Covid-19. Bahkan menjadi yang tertinggi di dunia pada 12 Juli 2021.

Diketahui, per 13 Juli 2021 sebanyak 47.899 orang dikonfirmasi positif. Sehingga total menjadi 2.615.529 kasus. Sedangkan per 12 Juli angka kematian 891 kasus adalah yang tertinggi di dunia.

Untuk itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) Said Aqil Siroj pun meminta agar masyarakat lebih sadar diri akan kondisi yang terjadi saat ini. Protokol kesehatan harus dilakukan agar kasus tidak terus pecah rekor.


“Mematuhi instruksi, himbauan, protokol serta kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, terutama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sebagai upaya untuk melakukan perlindungan, dan bentuk kontribusi nyata pada penanganan ionjakan kasus Covid-19,” ujar dia dalam surat edarannya, Rabu (14/7).

Apalagi penyebaran Covid-19 tidak lagi hanya di daerah perkotaan saja, tetapi sudah menjalar ke berbagai daerah dengan jumlah kasus yang ikut meningkat. Oleh sebab itu, PBNU mendorong para kiai, ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan berbagai upaya dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Begitu juga dengan ikut sertanya masyarakat dalam melakukan vaksinasi. Ini tidak boleh ditinggalkan, di mana pemerintah sendiri juga terus mengakselerasi program vaksinasi tersebut.

“Mengikuti dan mensukseskan program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh pemerintah. Hal ini adalah ikhtiar untuk pencegahan, penurunan risiko penularan serta penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar masyarakat terus berikhtiar dan bertawakal kepada tuhan agar pandemi ini dapat segera berakhir. Mengingat pandemi ini telah melanda Indonesia sejak 2 Maret 2020.

“Senantiasa mendekatkan diri dan berikhtiar kepada Allah SWT dengan banyak melakukan kegiatan ibadah Seperh sholat, puasa, zikir, tadarus Al-Qur’an, pembacaan sholawat dan berbagai amaliyah lain, dengan harapan agar pandemi Covd 19 segera berakhir,” pungkasnya.(jpg)