Kamis, 25 April 2024

Ada Paket Bantuan Bagi Warga yang Isoman

Berita Terkait

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan paket bantuan berupa obat isolasi mandiri atau isoman gratis bagi masyarakat yang positif Covid-19. Presiden Jokowi mengatakan pemerintah saat ini menyediakan 300 ribu paket obat terapi Covid-19 bagi warga yang sedang melakukan isoman.

“Untuk tahap sekarang ini yang akan dibagikan adalah 300.000 paket untuk yang melakukan isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian akan dilanjutkan dengan 300.000 paket lagi untuk yang di luar Jawa,” ujar Jokowi dalam jumpa pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, setidaknya ada tiga paket obat yang dibagikan. Paket pertama untuk orang tanpa gejala (OTG), paket kedua untuk warga dengan gejala demam dan hilang penciuman (anosmia), dan paket ketiga untuk warga dengan gejala demam dan batuk kering.

“Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang akan kita bagikan masing-masing untuk tujuh hari,” katanya.

Jokowi menuturkan, untuk paket pertama berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan PCR positif tanpa gejala atau OTG. Kemudian paket kedua berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan anosmia.

Selanjutnya paket ketiga berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering. “Untuk paket ini membutuhkan konsultasi dan resep dokter terutama nanti daftar Puskesmas,” ungkapnya.

Jokowi menjelaskan, pemberian obat terapi Covid-19 gratis untuk warga yang isoman tersebut dalam rangka mengurangi laju penularan virus korona di tanah air. Pemerintah juga memberikan paket bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat.

“Pemerintah terus bekerja keras untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak. Oleh karena itu pemerintah memberi bantuan mulai hari ini, berupa bantuan bahan pokok sembako lewat PKH dan lewat bantuan sosial tunai,” pungkasnya.(jpg)

Update