batampos.co.id – PT Adhya Tirta Batam (ATB) memiliki teknologi ATB Integrated System (AIRS) yang menjadi solusi bagi pelayanan pelanggan yang responsif, cepat dan efisien.

Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, mengatakan teknologi AIRS milik ATB merupakan sebuah aplikasi manajemen yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi.

Sistem AIRS ini membantu ATB memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

“Saat pelanggan menyampaikan keluhan kepada ATB, petugas akan langsung menginput keluhan tersebut di dalam sistem AIRS. Keluhan akan langsung diteruskan ke departemen terkait untuk segera dianalisa dan diselesaikan,” katanya beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, dengan koordinasi yang cepat, ATB mampu menyelesaikan keluhan dengan sangat cepat.

Bahkan keluhan kebocoran dapat diselesaikan maksimal 1 hari kerja, sementara rata-rata penanganan keluhan dapat selesai 2,7 hari.

Pelayanan ATB Batam saat mengelola air bersih, teknologi AIRS ATB mampu selesaikan keluhan pelanggan dengan cepat dan efisien dalam mengelola bisnis. Foto: ATB untuk batampos.co.id

“Di dalam AIRS, semua informasi tersedia. Sehingga petugas dapat dengan mudah melakukan penelusuran terhadap sumber masalah, berkoordinasi dengan cepat, dan memantau progres penyelesaian keluhan secara riil time. Dengan demikian, keluhan dapat segera teratasi,” papar Maria.

AIRS kata dia, juga dapat membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. Karena AIRS terbagi menjadi beberapa modul terintegrasi yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mengontrol bisnisnya.

Mulai dari module Business Intelegence yang dapat digunakan para eksekutif memantau laporan dan perkembangan bisnisnya lewat smartphonenya.

Ada pula Inventory Module yang membantu manajemen transaksi permintaan, penerimaan, pembelian, penerimaan, penyerahan hingga pengembalian barang.

Module ini juga dapat menghasilkan laporan pergerakan barang serta laporan keuangan yang akurat.

Billing Module juga menjadi bagian dari AIRS, yang dapat membantu PDAM melakukan penghitungan hasil bacaan meter hingga penagihan secara otomatis, serta meminimalisir kesalahan manual dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat secara real-time

Selain itu, ada pula Meter Reading Module yang membantu penjadwalan hingga pembacaan meter pelanggan. Dilengkapi dengan fitur mobile apps, serta hasil baca yang dapat dimonitoring dan divalidasi secara real-time.

Sementara Budget & Project Monitoring dapat membantu Perencanaan, penganggaran, forecast, dan monitoring perkembangan proyek, termasuk fase pembuatan faktur pencapaian seiring kemajuan proyek hingga pembayaran proyek.

“Teknologi-teknologi ini dibangun sendiri oleh ATB dengan sumber daya internal yang luar biasa,” jelasnya.

ATB lanjutnya, akan mendedikasikan AIRS sebagai salah satu solusi memperbaiki kualitas pelayanan air bersih di Indonesia. PDAM dapat menggunakan modul-modul AIRS sesuai dengan kebutuhannya.

“ATB berkomitmen untuk turut membantu PDAM meningkatkan kualitas pelayanannya. Bukan hanya dari sisi teknis, tapi juga kualitas pelayanan pelanggan, hingga penanganan keluhan. AIRS akan menjadi solusi masa depan PDAM Indonesia,” paparnya.(*)