Sabtu, 20 April 2024

PPKM Darurat, Pelni Tetap Angkut Penumpang, Ini Jadwalnya…

Berita Terkait

batampos.co.id – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam masih tetap melayani pengangkutan penumpang selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Namun, pihak Pelni memperketat syarat dan protokol kesehatan (prokes) baik bagi penumpang yang datang maupun berangkat.

Kepala Pelni Cabang Batam, Kapten Agus, mengatakan, pengguna kapal Pelni semua tujuan wajib melampirkan sertifikat vaksin Covid-19 dan surat keterangan negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam dan RT-
antigen maksimal 1×24 jam terakhir.

”Kami masih beroperasi. Aturan terbaru ini terkait perjalanan dengan transportasi laut diatur oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” ujarnya, Kamis (15/7/2021).

Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 44 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut Dalam Masa Pandemi Covid-19 ini menyusul pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat mulai 3 hingga 20 Juli 2021.

Aturan ini juga sejalan dengan SE Ketua Satuan Tugas Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

”Penumpang dengan dokumen lengkap, seperti sertifikasi vaksin dan RT-PCR sudah validasi, ya monggo dipersilakan naik kapal,” ungkapnya.

Aturan ini sudah dimulai sejak dikeluarkannya SE Menteri Perhubungan Nomor 44 Tahun 2021.

Selain itu, bagi pelaku perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta Bali, wajib menunjukkan kartu vaksin, bagi pelaku perjalanan di luar Jawa dan Bali, tidak diwajibkan untuk mengantongi sertifikat vaksinasi namun tetap harus melampirkan hasil keterangan negatif RC PCR Test (2×24 jam) atau negatif antigen (1×24 jam).

”Untuk pelayaran perintis tidak diwajibkan, namun disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” sambung Kapten Agus.

Berikut ini jadwal pelayaran kapal Pelni sepanjang Juli 2021:

  1. KM Bukit Raya pada Jumat (16/7) datang dari                      Tanjungpriok tujuan Letung-TarempaTarempa-Mindai-Serasan.
  2. KM Kelud pada Minggu (18/7) dari Tanjungpriok tujuan Tanjungbalai Karimun-Belawan.
  3. KM Bukit Raya, Selasa (20/7) dari Letung tujuan Blinyu-Tanjungpriok. KM Kelud, Rabu (21/7) dari Belawan tujuan Tanjungpriok.
  4. KM Kelud, Minggu (25/7) dari Priok tujuan Tanjungbalai Karimun-Belawan. KM Kelud, Rabu (28/7) Belawan tujuan Priok.(jpg)

Update