batampos.co.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran seleksi ASN 2021 di portal SSCASN BKN yang semula berakhir pada 21 Juli 2021 menjadi 26 Juli 2021 pukul 23:59 WIB.

Perubahan jadwal tersebut disampaikan kepada seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah melalui Surat BKN Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 tanggal 19 Juli 2021 perihal Penyesuaian Jadwal
Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2021.

Mendekati batas waktu penutupan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 26 Juli mendatang, total pendaftar untuk Kota Batam mencapai 7.344 pendaftar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Hasnah, mengatakan, pendaftaran harusnya ditutup 21 Juli lalu, namun diperpanjang hingga 26 Juli mendatang.

Perpanjangan ini merupakan kesempatan bagi mereka yang belum berhasil submit melalui link https://sscasn.bkn.go.id.

”Sesuai dengan surat yang dikeluarkan 19 Juli kemarin, jadi batas waktu pendaftaran resmi diperpanjang. Sehingga calon pendaftar masih bisa mendaftarkan diri mereka,” sebutnya.

Hasnah menyebutkan, dari total data pendaftar yang diterima saat ini formasi CPNS masih paling banyak diminati pendaftar.

Tahun ini Batam diberikan 295 formasi, dan total yang mendaftar sebanyak 5.534 pendaftar.

”Paling banyak yang daftar. Nanti dari total pendaftar tersebut, mereka akan menjalani tahap seleksi tanggal 30 Juni hingga 26 Juli mendatang,” sebutnya, Kamis (22/7/2021).

Lanjutnya, formasi kedua yang juga ramai pendaftar adalah PPPK guru dengan total pendaftar mencapai 1.581, dan PPPK non guru sebanyak 229 orang.

Hasnah menambahkan masih ada waktu empat hari ke depan. Untuk itu, ia mengimbau bagi calon pendaftar yang ingin mendaftar lengkapi syarat, karena masih ada kesempatan hingga batas waktu berakhir.

”Alhamdulillah yang submit banyak. Ini membuktikan minat untuk menjaga pegawai sangat tinggi. Meskipun tak ada formasi PNS untuk guru, mereka masih dapat memanfaatkan formasi PPPK untuk menjadi pegawai pemerintah,” jelasnya.

Kepada pelamar, untuk membaca pengumuman dengan teliti. Surat lamaran dan surat pernyataan disesuaikan dengan format pada pengumuman.

Untuk calon guru PPPK mengikuti ketentuan Kemendikbud. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan silakan menghubungi helpdesk. Khusus untuk tenaga guru tersedia helpdesk Kemendikbud dan mengisi formasi serta persyaratan mengacu pada aplikasi sscasn.

”Masih ada waktu, jadi silakan mendaftar,” imbaunya.

Kepala UPT BKN Batam, Delpa Nopri Kasmi, mengatakan, waktu pendaftaran dibuka selama tiga Minggu, dan cukup panjang.

Peserta diminta untuk menyiapkan berkas sesuai dengan yang
diminta. Unggah dokumen sesuai dengan permintaan, guna menghindari kegagalan saat pendaftaran.

Prinsipnya BKN Batam hanya sebagai pelaksana atau memfasilitasi peserta untuk ujian nantinya. Ia menyebutkan ada dua tes yang akan diikuti.

Pertama seleksi kompetensi dasar (SKD), kedua seleksi kompetensi bidang (SKB). Tes dilakukan dengan sistem komputerisasi atau CAT.

”Informasi baru itu saja. Sedangkan untuk passing grade masih menunggu dari pusat. Saat ini yang baru keluar itu untuk sekolah kedinasan, sedangkan yang lain belum,” sebutnya.

Mengenai ruangan yang akan digunakan untuk CPNS, pihaknya menyiapkan satu ruangan berkapasitas 50 orang.

Namun karena pandemi Covid-19 kapasitas diatur ulang sesuai dengan arahan Tim Satgas Covid-19 Batam.

Untuk antisipasi BKN Batam juga menyediakan satu ruangan khusus bagi mereka yang terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat.

”Ini antisipasi saja. Kalau nanti ada calon peserta yang suhu tubuhnya tinggi. Ada lima komputer yang kami siapkan di ruangan khusus tersebut,” ujarnya.

Delpa Nopri mengatakan dengan diberlakukannya perpanjangan waktu pendaftaran di portal SSCASN BKN, jadwal tahapan seleksi berikutnya akan ikut mengalami penyesuaian perubahan.

”Perpanjangan waktu pendaftaran ini berlaku untuk seluruh Instansi Pusat dan Daerah yang membuka rekrutmen ASN tahun 2021 serta seluruh formasi baik CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non-Guru,” ujarnya, Kamis (22/7/2021).

Adapun sejumlah tahapan yang ikut mengalami penyesuaian perubahan di antaranya pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan menjadi 2 hingga 3 Agustus 2021, diikuti dengan masa sanggah selama tiga hari yakni 4 hingga 6 Agustus 2021
dan jawab sanggah dari Instansi pada 4 hingga 13 Agustus 2021, dan pengumuman pasca sanggah pada 15 Agustus 2021.

”Yang diubah hanya sampai tahap itu (pengumuman pasca sanggah),” katanya.

Sementara untuk jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi untuk PPPK Non Guru, Seleksi  Kompetensi PPPK Guru, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Delpa menyampaikan, belum ada perubahan dan diperkirakan 25 Agustus 2021 sudah mulai masuk tahapan ujian.

Delpa menyarankan agar pelamar segera menyelesaikan pendaftaran di portal SSCASN sebelum deadline untuk menghindari kesalahan saat proses submit dokumen karena terburu-buru.

”Jika sudah berkeyakinan melamar di mana, langsung saja untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Karena ada proses verifikasi juga bagi instansi. Jadi kalau dari sekarang sudah menyelesaikan bisa diangsur proses verifikasinya,” imbuhnya.(jpg)