Jumat, 29 Maret 2024

Kabar Baik, 57 Tenaga Kesehatan RSBP Batam Sembuh Setelah Terpapar Covid-19

Berita Terkait

batmapos.co.id – Sebanyak 57 tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, yang terpapar Covid-19 saat ini sudah dinyatakan sembuh.

Hal ini dibenarkan oleh Humas RSBP Batam, Okta Riza.

”Alhamdulilah sudah sembuh,” ujarnya, Kamis (22/7/2021).

Okta menyebutkan, ke-57 nakes tersebut sudah bekerja kembali setelah sebelumnya menjalani isolasi di rumahsakit.

Sementara itu, pelayanan di RSBP Batam juga sudah berjalan normal.

”Pelayanan di RSBP juga sudah berjalan lancar,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 57 nakes di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam terpapar Covid-19.

”Tenaga kami saat ini sangat minimal. Jadi, memang tidak bisa melayani dengan optimal seperti saat keadaan normal,” kata Direktur RSBP Batam, dr Afdhalun Hakim, Jumat (16/7/2021) lalu.

Bahkan, Afdhalun sendiri saat ini tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Menurut dokter ahli jantung itu, kondisi saat ini benar-benar sulit.
Setiap hari tenaga medis RSBP harus menangani pasien Covid-19 yang datang tiada henti.

Sementara itu, di sisi lain, kata dia, sebagai rumah sakit umum juga harus melayani pasien non Covid-19 yang juga membutuhkan penanganan medis.

”Misalnya, ada pasien yang mau operasi usus buntu, atau operasi trauma kepala, jika tidak dilayani bagaimana. Risikonya sangat  tinggi juga,” paparnya.

Karena kekurangan tenaga medis, ia mengaku pihak RSBP harus jeli dalam mengatur pelayanan, agar semua pasien bisa terlayani.

”Makanya, kami imbau jika ada pasien non-Covid-19 yang sakitnya ringan, lebih baik jangan dirawat. Kecuali, pasien yang butuh penanganan darurat. Yang kami butuhkan saat ini, pengertian dari masyarakat,” jelasnya.

Lebih jauh lagi, Afdhalun juga mengakui, imbas dari kekurangan tenaga medis, membuat sejumlah operasi non-Covid-19 tertunda.

”Ini kondisi nyata, nakes kami juga berjatuhan karena tiap hari melayani pasien Covid-19 yang di emergency. Kami juga takut, karena salah prosedur sedikit saja, bisa tertular,” jelasnya.(jpg)

Update